Pesan dakwah pada tayangan Halal Living di NET TV: Study analisis semiotika episode jejak Islam dari Pulau Seribu Masjid dan pesona wisata Kota Angin Mamiri

Nasution, Nasidah (2019) Pesan dakwah pada tayangan Halal Living di NET TV: Study analisis semiotika episode jejak Islam dari Pulau Seribu Masjid dan pesona wisata Kota Angin Mamiri. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Semakin menariknya media masa membuat peluang bagi para da’i khususnya umat Islam pada umumnya dalam menyampaikan pesan dakwah. Salah satunya adalah televisi yang memiliki peluang besar. Ketertarikan dengan suatu program televisi yang menjadi langkah awal bagi peneliti memilih penelitian mengenai tayangan dokumenter di Televisi nasional, Halal Living Net Tv merupakan salah satu bagian dari program Indonesia traveling ala muslimah. Dengan tema akidah islami (traveling), destinasi wisata halal (kuliner) dan muslimah masa kini (fashion). Informasi dan hiburan program tayangan tersebut mampu mempresentasikan makna dari tema yang diusung. Dengan meneliti 2 episode “Jejak Islam dari Pulau Seribu Masjid dan Pesona Wisata Kota Angin Mamiri“ peneliti ingin mengetahui makna pesan dakwah apa saja yang terkandung pada tayangan tersebut. Fokus masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana makna Denotasi, makna Konotasi dan makna Mitos dalam isi pesan yang ditampilkan pada tayangan program Halal Living di Net episode “Jejak Islam dari Pulau Seribu Masjid dan Pesona Wisata Kota Angin Mamiri” pada video dokumenter di Youtube, dilihat dari persefektif Semiotika model Roland Barthes. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan-pesan dakwah pada tayangan Halal Living di NET Tv. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes, yang merekontruksikan makna dalam sebuah tanda menjadi makna denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian menunjukan bahwa keseluruhan episode Jejak Islam dari Pulau Seribu Masjid dan Pesona Wisata Kota Angin Mamiri yang telah dipilih peneliti memiliki pesan dakwah yang diklasifikasikan menjadi 3 kategori yaitu: Pesan Aqidah: yaitu merasa Bersyukur, yang kedua yaitu menyelipkan kalimat tauhid (Subhanallah) Dan merasa kebahagiaan yang sederhana Pesan Syari’ah : Mengadakan Kegiatan belajar mengaji untuk anak-anak, kedua tempat beribadah yaitu keunikan masjid yang berada di Makasar dan pakaian muslim masa kini yang sudah mulai menjamur. Pesan Akhlak mengucapkan kata permisi dan bersikap tawadhu (tidak merasa sombong) merasa segala yang ada di dunia ini hanya milik Tuhan semata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Televisi; Semiotika; Pesan Dakwah;
Subjects: Islam
Education > General Publications of Education
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nasidah Nasution
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:39
Last Modified: 03 Mar 2020 03:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29986

Actions (login required)

View Item View Item