Strategi peningkatan citra positif melalui penggunaan website: Studi deskriptif pada Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Purwakarta

Fauziawati, Fuji Ridha (2017) Strategi peningkatan citra positif melalui penggunaan website: Studi deskriptif pada Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi menghadirkan media online dan media sosial yang mulai dimanfaatkan sebagai strategi penyebarluasan informasi dan peningkatan citra positif. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta memanfaatkan penggunaan tersebut sebagai salah satu penyebaran informasi dan peningkatan citra positif. Penelitian ini dilakukan karena adanya perhatian masyarakat terhadap website Kabupaten Purwakarta yang selalu memperbaharui website dengan menyajikan berita-berita terbaru seputar Kabupaten Purwakarta sehingga terbentuk citra positif Kabupaten Purwakarta dimata publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah apa saja yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika dalam upaya peningkatan citra positif, untuk mengetahui pelaksanaan proses Dinas Komunikasi dan Informatika, dan untuk mengetahui hasil pelaksanaan dalam upaya peningkatan citra positif melalui penggunaan website Kabupaten Purwakarta. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu four step pulic relations atau empat tahapan proses kerja public relations menurut Cutlip dan Center yang didalamnya meliputi pengumpulan, perencanaan dan program, aksi dan pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan studi deksriptif dengan pendekatan kualitiatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan 4 informan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dilapangan dapat disimpulkan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purwakarta dalam upaya peningkatan citra positif melalui penggunaan website menggunakan empat tahapan proses public relations yaitu pertama fact finding dengan mengadakan riset dan sms pengaduan masyarakat mengenai informasi yang dibutuhkan. Kedua planning and programming, ikut serta dalam seluruh kegiatan pemerintahan lalu dibuat berita yang bertujuan untuk (goverment to goverment, goverment to bisnis, goverment to citizen), lalu disebarkan ke beberapa media lainnya. Ketiga taking actions and commuciations dengan membagi 3 admin dalam pelaksanaannya yaitu admin super, admin pemberitaan dan admin pariwisata. Keempat evaluation yaitu dengan mengadakan riset kepada masyarakat apakah informasi sudah tersampaikan atau sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi; peningkatan citra; website
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 03 Mar 2020 08:53
Last Modified: 03 Mar 2020 08:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30026

Actions (login required)

View Item View Item