Kebijakan redaksional dalam penentuan foto dan ilustrasi pada kanal berita : Studi terhadap kebijakan redaksi media daring (Online) Pikiran Rakyat".

Sonia, Lulu (2019) Kebijakan redaksional dalam penentuan foto dan ilustrasi pada kanal berita : Studi terhadap kebijakan redaksi media daring (Online) Pikiran Rakyat". Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Setiap redaksi memiliki kebijakan dalam setiap pemuatan berita. Kebijakan redaksional disamping berkaitan dengan subtansi pemberitaan, juga meliputi tujuan mengapa berita tersebut diturunkan, termasuk foto ilustrasi maka dengan itu penelitian ini akan mengungkap mengenai kebijakan redaksi dalam penentuan ilustrasi yang akan dimuat pada suatu kanal berita. Kebijakan redaksional merupakan dasar pertimbangan suatu lembaga media massa untuk memberitakan atau menyiarkan suatu berita maupun foto pada kanal berita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan redaksi Pikiran Rakyat Online yang menjadi objek kajian dalam menentukan nilai berita, nilai sosial dan nilai visual suatu foto atau gambar ilustrasi, unsur-unsur tersebut merupakan nilai yang terdapat pada foto atau gambar ilustrasi sehingga bisa disebut produk jurnalistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif. Karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan mengenai kebijakan redaksional dalam menentukan foto atau gambar ilustrasi. Menurut Isac dan Michae, metode deskriptif bertujuan untuk melukiskan fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kebijakan Redaksi Pikiran Rakyat Online dalam penentuan foto atau gambar ilustrasi meletakan standar prosedural dan mengedepankan kode etik jurnalistik dalam pembuatan ilustrasi pada kanal beritanya. sehingga dapat disimpulkan bahwa ilustrasi yang akan di publikasikan Pikiran Rakyat Online pada 13-19 Juni 2019 memiliki unsur-unsur jurnalistik dengan memuat nilai berita, nilai sosial, dan nilai visual pada foto atau gambar ilustrasinya. Penelitian ini diharapkan memberikan inspirasi bagi redaksi khususnya bidang foto jurnalistik mengenai foto yang dihasilkan dalam hal makna serta isi pesan bagi pembaca. Serta selalu mengedepankan kode etik jurnalistik dan standard prosedural dalam setiap pembuatan foto jurnalistik yang akan dimuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Redaksional; foto; berita
Subjects: Photography and Photographs
Photographs > Photographs with Human Figures
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: lulu sonia luson lulu
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:10
Last Modified: 09 Mar 2020 04:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30060

Actions (login required)

View Item View Item