Fungsi organisasi persekutuan mahasiswa dan siswa anak muda patani (permas) dalam mengatasi konflik di Patani Thailand Selatan: Studi deskriptif di Thailand Selatan

Dueramae, Nuree (2017) Fungsi organisasi persekutuan mahasiswa dan siswa anak muda patani (permas) dalam mengatasi konflik di Patani Thailand Selatan: Studi deskriptif di Thailand Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan konflik di Patani dari dahulu mengalami pergolakan yang sangat sengit di mana berlaku pemberontakan di kalangan minoritas Melayu dalam keadaan konflik di mainkan oleh penjajahan siam, mereka telah berusaha agar masyarakat di Patani lupa jati diri sebagai orang yang berbangsa Siam dan Agama Budha seperti mareka. Denga masalah tersebut, untuk mempertahankan dan menjaga agar Masyarakat Melayu Patani tidak berpengaruh dengan serangan yang di mainkan oleh orang luar tersebut dan sekaligus untuk mengembangkan tugas pokok yang bersifat sosial, maka terbentuklah berbagai Organisasi-organisasi dan lembaga-lembaga berupaya untuk mengawasi problem yang terjadi terutamanya Organisasi Persekutuan Mahasiswa dan Siswa Anak Muda Patani (PerMAS). Penelitian bertujuan untuk mengetahui latarbelakang terbentuknya Oraganisasi Persekutuan Mahasiswa dan Siswa Anak Muda Patani (PerMAS) di Patani Thailand Selatan, serta untuk mengetahui fungsi Organisasi Persekutuan Mahasiswa dan Siswa Anak Muda Patani (PerMAS) dalam mengatasi konflik di Patani Thailand selatan, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengatasi konflik di Patani. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur fungsional oleh Talcott Parsons. Dalam mempertahankan eksistensinya, Fungsi Organisasi Persekutuan Mahasiswa Dan Siswa Anak Muda Patani (PerMAS) Dalam Mengatasi Konflik Di Patani Thailand Selatan harus menyeimbangkan situasi internal dan eksternal, karena menurut Parsons setiap sistem sosial menghadapi empat masalah yang harus dihadapi agar tidak lenyap. Ada empat fungsi yang dibutuhkan sistem, yaitu Adaptation (adaptasi), Goal Attainment (pencapaian tujuan), Integration (integrasi), dan Latency (pemeliharaan pola). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif data dalam penelitian ini didapat dari berbagai sumber datanya Organisasi (PerMAS) teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi,wawacara, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terbentuknya Oraganisasi Persekutuan Mahasiswa dan siswa anak muda Patani (PerMAS) di Patani Thailand Selatan karena keadaan kekerasan di daerah Thailand Selatan sudah terjadi dalam waktu yang lama dan kejadian yang menimbulkan ketidak adilan. Fungsi (PerMAS) Dalam Mengatasi Konflik Di Patani Thailand Selatan secara memenuhi tuntutan dan kebutuhan dari masyarakat . Namun integrasi bisa membimbing masyarakat Patani berani bersuara dengan Hak asasi manusia. Fungsi Organisasi ini masih tetap mempertahankan kebudayaan masing-masing. Fungsi pemeliharaan pola ini motivasi individu maupun kelompak dalam pola-pola cultural. Fungsi adaptasi dalam fungsi Organisasi ini dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan fungsi pencapaian mengutamakan keharmonisan dan menciptakan masyarakat Patani lebih bahagia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: organisasi persekutuan mahasiswa; konflik; Thailand
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Process > Conflict Social
Communities
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:00
Last Modified: 05 Mar 2020 03:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30078

Actions (login required)

View Item View Item