Dinamika dakwah komunitas: Studi deskriptif analisis terhadap aktivitas dakwah yang diselenggarakan komunitas pemuda Ikhlas The Straight di Kabupaten Sumedang

Mujahid, Khalid Nashiruddin (2019) Dinamika dakwah komunitas: Studi deskriptif analisis terhadap aktivitas dakwah yang diselenggarakan komunitas pemuda Ikhlas The Straight di Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

Mayoritas kegiatan dakwah di Sumedang kebanyakan diperuntukkan untuk umum, sangat jarang sekali pengajian yang ditujukkan kepada Pemuda. Komunitas Pemuda Ikhlas (The Straight) menjadi salah satu komunitas kepemudaan yang bergerak dibidang dakwah di Kabupaten Sumedang. Dipelopori oleh Kang Sonjaya sebagai ketua komunitas yang sangat semangat untuk melakukan dakwah dengan merangkul dan mewadahi anak muda untuk memahami nilai-nilai keislaman sesuai Al-quran dan As-sunnah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kegiatan dakwah yang dilakukan oleh komunitas Pemuda Ikhlas (The Straight),mengetahui proses pelaksanaan dakwahnya, dan untuk mengetahui bagaimana problematika dakwah yang di hadapi oleh komunitas ini. Dakwah disampaikan kepada Mad’u melalui kajian di tiap pekan. Pemilihan teori dalam penelitian ini menggunakan Struktural-fungsional dan juga teori komunitas, yang didalamnya dapat menjelaskan bahwa pengajian, kegiatan keislaman, dan juga pemberdayaan masyarakat ternyata dapat memenuhi kebutuhan ruhani masyarakat tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan data primer seperti observasi, wawancara tidak terstruktur baik secara eksternal atau internal, dan di dukung oleh dokumentasi yang valid dalam proses penelitian, metode yang digunakan adalah pada penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu memaparkan peristiwa yang terjadi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya kegiatan Pemuda Ikhlas (The Straight) sangat penting bagi pemuda yang ada di Sumedang, karena eksistensi dakwahnya dapat memberikan nilai-nilai keislaman yang akan berdampak baik kedepannya terhadap kualitas pemuda bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Komunitas; Problematika Dakwah;
Subjects: Islam > Muslims Persons, Imams
Islam > Da'wah
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: khalid nashiruddin
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:02
Last Modified: 05 Mar 2020 07:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30085

Actions (login required)

View Item View Item