Literasi media massa pada masyarakat desa: Studi deskriptif pada masyarakat RW 004 desa Kawalimukti kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis

Nurohmah, Hilma (2019) Literasi media massa pada masyarakat desa: Studi deskriptif pada masyarakat RW 004 desa Kawalimukti kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Stasiun televisi berita merupakan karya jurnalistik yang didalamnya harus terdapat nilai-nilai jurnalistik. Namun, stasiun televisi berita akhir-akhir ini mendapat peringatan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengenai penyajian berita yang dianggap melenceng dari nilai-nilai jurnalistik. Maraknya berita yang kurang objektif, membutuhkan tingkat literasi media dari khalayak agar bisa memilih informasi yang baik dan buruk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengukur seberapa tinggi tingkat literasi media massa dikalangan masyarakat, di RW 004 Desa Kawalimukti Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, dalam penggunaan stasiun televisi berita sebagai sumber berita dan informasi. Penelitian ini menggunakan konsep National Conference on Media Education yang melihat literasi media sebagai kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi dan mengomunikasikan pesan dalam berbagai bentuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan hasil penelitian secara komprehensif dalam ranah dimensi yang dikaji. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah pertama kemampuan mengakses berita masyarakat RW 004 Desa Kawalimukti dikategorikan tinggi karena mampu memilih stasiun televisi yang digunakan untuk mencari berita dengan menyampaikan alasan dan tujuan. Kedua kemampuan menganalisis dikategorikan sedang karena masyarakat hanya mampu menganalisis terkait berita politik. Ketiga kemampuan mengevalusi dikategorikan tinggi, karena mampu mengevaluasi stasiun televisi berita dengan menggunakan strategi. Keempat kemampuan mengkomunikasikan pesan dikategorikan sedang, karena masyarakat hanya mampu mengkomunikasikan positif dan negatif, tanpa adanya kegiatan aktif guna memperbaiki berita pada stasiun televisi berita pilihannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Literasi media massa;Masyarakat Desa;Stasiun Televisi Berita;Studi Deskriptif
Subjects: Communications Telemunications > Television Broadcasting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hilma Nurohmah Masduki
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:10
Last Modified: 06 Mar 2020 03:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30092

Actions (login required)

View Item View Item