Kontribusi bank sampah terhadap peningkatan sumber daya lingkungan: Studi kasus di Bank Sampah Hijau Lestari, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Fajri, Naufal (2017) Kontribusi bank sampah terhadap peningkatan sumber daya lingkungan: Studi kasus di Bank Sampah Hijau Lestari, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
7_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Sampah adalah bahan yang dibuang dari kegiatan rumah tangga dan tidak memiliki nilai guna. Sampah telah menjadi masalah secara umum yang terjadi di kota-kota besar Indonesia. Mulai dari pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, permasalahan pengangkutan, hingga masalah di tempat pembuangan akhir sampah. Guna mengurangi volume sampah, sangat diharapkan peran masyarakat untuk memisahkan sampah organik dan non-organik. Sehingga solusi atas permasalahan sampah pun dapat ditangani dengan mudah. Salah satu kontribusi dan kepedulian terhadap sampah ini diwujudkan oleh masyarakat dengan didirikannya bank sampah yang diberi nama Bank Sampah Hijau Lestari. Bank sampah ini berfungsi mengumpulkan sampah yang sudah dipilah dari warga atau penyetor selaku nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang dilakukan Bank Sampah Hijau Lestari terhadap peningkatan sumber daya lingkungan di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, mengetahui strategi atau program yang dilakukan Bank Sampah Hijau Lestari, dan mengetahui manfaat yang diperoleh bagi masyarakat dengan adanya Bank Sampah Hijau Lestari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengungkapkan strategi atau program pemberdayaan yang sedang berlangsung di Bank Sampah Hijau Lestari. Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi Bank Sampah Hijau Lestari terhadap peningkatan sumber daya lingkungan di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat, mengelola sampah, dan mendirikan minimarket ramah lingkungan. Adapun program-program yang dilakukan Bank Sampah Hijau Lestari adalah program berkebun, program daur ulang sampah rumah tangga, dan program pengolahan sampah dapur menjadi pupuk organik. Sedangkan Manfaat yang dirasakan anggota bank sampah adalah manfaat lingkungan, sosial, ekonomi, pengalaman dan juga pengetahuan. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi Bank Sampah Hijau Lestari terhadap peningkatan sumber daya lingkungan di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung sudah baik. Hal ini terlihat dari kondisi masyarakat yang telah melakukan pengelolaan sampah secara mandiri dari rumah tangga mereka masing-masing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program Bank sampah; Peningkatan Sumber Daya Lingkungan;
Subjects: Environmental Protection Engineering > Sewage Treatment and Disposal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:15
Last Modified: 06 Mar 2020 02:15
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30101

Actions (login required)

View Item View Item