Pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah dan pendapatan bagi hasil mudharabah terhadap laba bersih di PT. Bank Syariah Mandiri.

Ramdan, Acep Faizal (2017) Pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah dan pendapatan bagi hasil mudharabah terhadap laba bersih di PT. Bank Syariah Mandiri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Bank Syari’ah Mandiri memiliki banyak produk dalam pembiayannya, diantaranya adalah dalam bentuk mode primer yaitu pembiayaan mudharabah yang merupakan produk yang dapat digunakan oleh nasabah dalam hal pembiayaan proyek/usaha dimana bank sebagai penyedia usaha (shahibul maal) menyediakan dana 100% untuk pengelola usaha (mudharib) dengan skema bagi hasil. Kemudian selanjutnya pendapatan bagi hasil mudharabah juga yang menentukan besarnya nisbah/rasio bagi hasil yang dibuat pada waktu akad dengan berpedoman pada untung rugi, besarnya bagi hasil ditentukan berdasarkan keuntungan sesuai dengan nisabah/rasio yang disepakati. Kemudian jumlah pembagian laba akan meningkat sesuai dengan peningkatan pendapatan dan jika terjadi kerugian akan ditanggung oleh kedua belah pihak. Dengan meningkatnya tingkat pendapatan pada akhirnya akan meningkatkan laba bersih (net income). Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih secara parsial, seberapa besar jumlah pengaruh pendapatan bagi hasil mudharabah secara parsial serta seberapa besar jumlah pengaruh pembiayaan mudharabah dan pendapatan bagi hasil mudharabah terhadap laba bersih secara simultan. Di PT. Bank Syari’ah Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsial yaitu dengan analisis regresi sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analsisi regresi berganda, korelasi berganda dan uji F. Didukung dengan SPSS for Windows 16.00. Dimana data yang digunakan adalah data sekunder dari PT. Bank Syari’ah Mandiri. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji statistik yang dilakukan pada jumlah pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih menunjukan hasil koefisien determinasi sebesar 15,9%, uji statistik yang dilakukan pada pendapatan bagi hasil mudharabah terhadap laba bersih menunjukan hasil koefisien determinasi sebesar 59,5% dan uji statistik yang dilakukan pada jumlah pembiayaan mudharabah dan pendapatan bagi hasil mudharabah terhadap laba bersih menunjukan hasil koefisien determinasi sebesar 78,5% sisanya 21,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan kedalam penelitian. Pengujian hipotesis dengan hasil fhitung ≥ ftabel atau 16,430 ≥ 4,26 artinya Ha diterima H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif signifikan antara pembiayaan mudharabah dan pendapatan bagi hasil mudharabah terhadap laba bersih secara simultan pada PT. Bank Syariah Mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah; Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah; Laba Bersih;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:04
Last Modified: 09 Mar 2020 03:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30133

Actions (login required)

View Item View Item