Illnes perception pada remaja yang mengalami regurgitasi aorta: Studi kasus pada remaja yang mengalami regurgitasi aorta

Bestari, Ainun Zahwa (2017) Illnes perception pada remaja yang mengalami regurgitasi aorta: Studi kasus pada remaja yang mengalami regurgitasi aorta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena mengenai orang dengan penyakit kronis dalam memandang penyakitnya. Terdapat orang – orang yang memandang positif dan negatif pada penyakitnya. Suatu kasus menunjukkan seorang remaja berusia 17 tahun mengalami regurgitasi aorta dimana penyakit ini ditunjukkan dengan katup jantung yang tidak dapat menutup dengan baik. Remaja tersebut memandang penyakitnya dengan positif. Padahal pada umumnya, remaja tidak memiliki pengetahuan yang komprehensif mengenai berbagai topik kesehatan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam bagaimana illness perception yang merupakan persepsi terhadap penyakit, dapat berfungsi dan faktor apa saja yang mendukungnya. Metodologi penelitian yang bersifat kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan cara metode studi kasus. Metode ini digunakan untuk mendapatkan pemahaman utuh dan mendalam dengan teknik wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja tersebut memiliki illness perception yang positif dan komprehensif. Subjek mengetahui penyebab apa yang menjadi penyakitnya, kapan kekambuhan terjadi, bagaimana mengatasinya serta dapatm mengenali simptom – simptomnya. Subjek juga mampu mengontrol diri dan menjalankan rekomendasi dari dokter dengan taat. Subjek mampu mengambil manfaat serta mengendalikan diri dari rasa sedih yang dirasakan ketika mengalami kekambuhan. Faktor internal yang mempengaruhi diantaranya personality dan positive changes in response in chronic illness. Serta faktor eksternal yang berupa family support, social support, dan the role of religion menjadi faktor yang juga mendorong subjek dalam menghadapi penyakitnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Illness Perception; Remaja; Regurgitasi Aorta;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:37
Last Modified: 10 Mar 2020 02:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30161

Actions (login required)

View Item View Item