Pengaruh Kedisiplinan terhadap Motif Berprestasi pada Siswa Kelas XI SMA Kifayatul Achyar Bandung

Resa Permata Devita, Resa (2013) Pengaruh Kedisiplinan terhadap Motif Berprestasi pada Siswa Kelas XI SMA Kifayatul Achyar Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah fenomena yang terjadi pada SMA yang tidak disiplin mengikuti jam pelajaran sekolah dengan berkeliaran diluar lokasi sekolah, peneliti sesekali melihat siswa yang berkeliaran diluar lingkungan sekolah pada saat jam pelajaran maka peneliti berlanjut untuk mewawancara pihak siswa dan guru pada sekolah tersebut. Hasil dari wawancara bahwasannya hampir semua siswa kelas XI SMA Kifayatul Achyar yang melanggar aturan sekolah, dengan adanya motif berprestasi maka siswa mampu mencapai target-target untuk meraih prestasi yang diharapkan. Adapun tujuannya untuk mengetahui kedisiplinan siswa, motif berprestasi siswa, dan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara kedisiplinan terhadap motif berprestasi. Teori penelitian yang diambil dalam penelitian ini, teori kedisiplinan menurut Hurlock (1898:380) bahwa kedisiplinan sebagai hukuman, disiplin digunakan bila anak melanggar aturan dan peraturan yang ditetapkan oleh orang tua, guru, atau orang dewasa dalam perubahan, baik dalam masyarakat maupun dalam kehidupan. Sedangkan teori motif berprestasi menurut McClelland (1953:110) bahwa motif berprestasi adalah dorongan untuk berhasil dalam situasi persaingan dengan adanya standar keberhasilan. Peneliti mengambil penelitian kuantitatif, menggunakan tipe rancangan regresi linier sederhana (Simple linear regression). Adapun populasi yang diambil oleh peneliti yaitu 33 orang siswa yang terdapat pada kelas XI IPA dan IPS. Sedangkan instrument yang digunakan berbentuk skala likert, dengan data ordinal dan untuk mengolah data peneliti menggunakan rank-spearman. Adapun skalanya yaitu kedisiplinan dan motif berprestasi, skala kedisiplinan menggunakan 39 item sedangkan skala motif berprestasi menggunakan 48 item. Tehnik analisis data dengan uji linier namun sebelumnya dilakukan uji asumsi terlebih dahulu diantaranya uji normalitas dan linieritas. Kemudian untuk pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji F dan t. Hasil penelitian ini menyatakan, bahwa nilai Fhitung = 20.270 dengan nilai signifikansi 0.000. Oleh karena itu h0 ditolak dan h1 diterima yang berarti hipotesis diterima. kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap motif berprestasi pada siswa kelas XI SMA Kifayatul Achyar Bandung. Adapun pengaruhnya sebesar 39.5% sedangkan 60.5% dipengaruhi faktor lain yaitu faktor intern dan ekstern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, motif berprestasi
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: guriang akbar guriangakbar
Date Deposited: 09 Feb 2016 03:30
Last Modified: 29 Feb 2016 05:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item View Item