Tanggapan siswa terhadap penambahan jam pelajaran hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Plus Qurrota A’ayun Samarang Kab. Garut

Ahmad, Jajang (2017) Tanggapan siswa terhadap penambahan jam pelajaran hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Plus Qurrota A’ayun Samarang Kab. Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa ajaran agama Islam memiliki pengaruh besar terhadap pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional. Akan tetapi terasa berat bagi guru PAI untuk mendidik dan memotivasi para pseserta didik agar mengamalkan ajaran Islam hanya dengan 2 jam pelajaran setiap minggunya. Oleh karenanya, SMP Plus Qurrota A’ayun melakukan penambahan jam pelajaran dari 2 jam menjadi 4 jam agar target kurikulum dapat tercapai secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa kelas VIII SMP Plus Qurrota A’ayun Samarang Kab.Garut terhadap penambahan jam pelajaran agama, realitas prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI, dan realitas hubungan antara tangapan siswa kelas VIII SMP Plus Qurrota A’ayun Samarang Kab.Garut terhadap penambahan jam pelajaran agama dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa penambahan jam pelajaran agama dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Dari asumsi tersebut secara teoretis dapat diambil hipotesis, yakni terhadap hubungan antara tanggapan siswa terhadap penambahan jam pelajaran agama dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI, jika tanggapannya positif, maka prestasi kognitif mereka akan tinggi (baik). Demikian pula sebaliknya, jika tanggapan siswa terhadap penambahan jam pelajaran agama negatif, maka prestasi kognitif mereka akan rendah (buruk) pula. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif deskriptif, teknik mengumpulkan datanya adalah angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk memperoleh gambaran data kuantitatif dari 60 siswa yang dijadikan sampel yang selanjutnya diolah melalui statistik korelasional. Dari hasil penelitian untuk kedua variabel diperoleh rata-rata Variabel X (Tanggapan siswa terhadap penambahan jam pelajaran agama berdistribusi tinggi yaitu sebesar 3,94. Nilai tersebut termasuk kategori sedang karena berada pada interval 3,39 - 4,19.Dan Variabel Y (Prestasi kognitif siswa pada mata Pelajaran Agama Islam) diperoleh hasil 85,16. Nilai tersebut termasuk kategori sangat baik karena berada pada interval 80 – 100. Korelasi dari kedua variabel diperoleh harga korelasi 0,46 dapat diinterpretasikan bahwa variabel X dengan variabel Y tergolong pada kategori sedang/cukup, karena harga tersebut berada pada rentang interval 0,40 – 0,60. Dan pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 11 % sedangkan 89 % lagi dipengaruhi faktor lain yang mempengaruhi Prestasi kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Agama islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan siswa; prestasi kognitif; Pendidikan Agaman Islam;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:33
Last Modified: 11 Mar 2020 03:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30213

Actions (login required)

View Item View Item