Penerapan media flipchart untuk menigkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan jenis pekerjaan: Penelitian tindakan kelas di kelas III MIS Al-Muttaqin Cicalengka

Fauziah, Eva (2017) Penerapan media flipchart untuk menigkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan jenis pekerjaan: Penelitian tindakan kelas di kelas III MIS Al-Muttaqin Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada mata pelajaran IPS di kelas III MIS Al-Muttaqin Cicalengka Kabupaten Bandung, bahwa aktivitas belajar pada mata pelajaran IPS sangatlah pasif, peserta didik banyak yang tidak memerhatikan ketika guru menerangkan. Hal ini terjadi karena pembelajaran bersifat monoton dan guru tidak menggunakan media dalam pembelajarannya Sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat menstimulus agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran flipchart pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis pekerjaan (2) aktivitas belajar siswa ketika menerapkan media flipchart pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis pekerjaan (3) aktivitas belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran flipchart pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa dapat meningkat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan menerapkan media yang tepat yaitu dengan media flipchart. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan media flipchart diduga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan jenis pekerjaan. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap secara berulang, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III MIS Al-Muttaqin yang berjumlah 39 orang yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru serta tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa sebelum menerapakan media flipchart sangat rendah dengan hasil observasi siswa mencapai 46,15% (kurang sekali). Proses pembelajaran IPS dengan menerapkan media flipchart meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru pada setiap tindakan. Siklus I tindakan pertama aktivitas siswa 69,23% dan guru 68,75%, siklus I tindakan kedua aktivitas siswa 74,80 dan guru 75%, siklus II tindakan pertama aktivitas siswa 80,06% dan guru 87,5% sedangkan siklus II tindakan kedua aktivitas siswa 90,83% dan guru 93,75%. Setelah menerapkan media flipchart rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 72,01% (cukup) sedangkan rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus II 85,44 (baik). Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media flipchart dapat meningkatkan akativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan jenis pekerjaan di kelas III MI Al-Muttaqin Cicalengka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media flipchart; aktivitas belajar; IPS;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 12 Mar 2020 01:22
Last Modified: 12 Mar 2020 01:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30236

Actions (login required)

View Item View Item