Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai seksi tata bangunan dan arsitektur Kota pada Dinas Tata Ruang Kota Bandung tahun 2019

Handoko, Eko (2019) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai seksi tata bangunan dan arsitektur Kota pada Dinas Tata Ruang Kota Bandung tahun 2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena peneliti ingin mengetahui tingkat disiplin kerja serta pengaruhnya terhadap kinerja pegawai pada Bidang Tata Bangunan Dan Arsitektur Kota Pada Dinas Tata Ruang Kota Bandung. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti, peneliti menemukan beberapa permasalahan terkait dengan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu teori dari Alek S. Nitisemito untuk variabel disiplin kerja, menurut Alek disiplin kerja dapat diukur dengan 5 hal, yaitu; mematuhi peraturan, tidak menunda pekerjaan, bertanggungjawab, kesungguhan, dan adanya sanksi. Sedangkan untuk variabel kinerja pegawai, peneliti menggunakan teori dari Bernadin dan Russel yang mengatakan bahwa kinerja pegawai dapat diukur dengan beberapa hal, yaitu; kualitas pekerjaan, kuantitas pekerjaan, dan ketepatan waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif karena bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Bidang Tata Bangunan Dan Arsitektur Kota Pada Dinas Tata Ruang Kota Bandung. Dalam menganalisis pengumpulan data, peneliti menggunakan skala Likert, rumus Koefisien Korelasi Pearson, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda dan Koefisien Determinasi dan pembuktian Hipotesis. Hasil dari penelitian diketahui bahwa, kondisi disiplin kerja terhadap kondisi kinerja pegawai pada Bidang Tata Bangunan Dan Arsitektur Kota Pada Dinas Tata Ruang Kota Bandung berada pada garis interval dengan kategori yang kuat dengan skor disiplin kerja 797 dan kinerja pegawai 460. Kemudian diperoleh angka R² sebesar 0,813 hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara mematuhi peraturan, tidak menunda pekerjaan, bertanggungjawab, kesungguhan dan adanya sanksi terhadap kinerja pegawai pada Bidang Tata Bangunan Dan Arsitektur Kota Pada Dinas Tata Ruang Kota Bandung. Sedangkan nilai koefisien determinasi yang telah dihitung sebesar 81,3% masuk dalam kriteria pengaruh yang sangat tinggi. Sedangkan sisanya 19,7% ditentukan oleh faktor lain yang tidak di teliti. Kesimpulan dari analisa data diatas yaitu, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Bidang Tata Bangunan Dan Arsitektur Kota Pada Dinas Tata Ruang Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Disiplin; Kerja; Kinerja;
Subjects: Public Finance > Fiscal Policy, Public Borrowing, Debt, Expenditure
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: hanifah hanifah azhari annabilllah hanifah azhari annabillah
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:05
Last Modified: 12 Mar 2020 08:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30254

Actions (login required)

View Item View Item