Khalifah fil ardh sebagai tujuan pendidikan Islam : Analisis tafsir makna khalifah dalam Qs. Al Baqarah 2 : 30 – 36 dan Qs. Shad 38 : 17 - 26

Pratama, Aditiya (2019) Khalifah fil ardh sebagai tujuan pendidikan Islam : Analisis tafsir makna khalifah dalam Qs. Al Baqarah 2 : 30 – 36 dan Qs. Shad 38 : 17 - 26. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Pendidikan Islam adalah proses mengubah tingkah laku peserta didik menjadi manusia lebih baik, mampu bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Berawal dari penelurusan penulis pada buku Khalifah setelah Rasulullah SAW., penulis memenukan bahwa terdapat tujuan pendidikan islam dalam konsep khalifah fil ardh. Namun masih banyaknya stigma masyarakat dalam memahami makna khalifah hanya terbatas sebagai pemimpin saja, padahal jauh dari itu sosok khalifah merupakan sosok manusia terbaik yang perlu diwujudkan agar terciptanya kemakmuran, dan itu bisa dicapai melalui jalur pendidikan. Untuk mengungkap hal tersebut, peneliti malukan penelaahan pada QS. Al Baqarah 2 : 30 – 36 dan QS. Shad 38 : 17 – 26. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui gambaran yang jelas tentang pendapat ulama tafsir terhadap makna khalifah fil ardh dalam QS. Al Baqarah 2 : 30 - 36 dan QS. Shad 38 : 17 – 26 serta konsep tujuan pendidikan islam berdasarkan pada makna khalifah pada ayat tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode content analysis analisis isi). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). Selanjutnya analisis data dengan cara (a) mengelompokan data tentang penafsiran para mufasir; (b) mengkategorikan dari yang ditemukan mufasir; (c) menafsirkan data dengan mencari data satu dengan data yang lain yang sudah dikelompokan; (d) menyimpulkan hasil analisis terhadap berbagai pendapat para mufasir, dan buku-buku penunjang serta kesesuaian dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Konsep khalifah fil ardh merupakan cara Allah SWT., memberikan gambaran kepada manusia untuk merumuskan tujuan pendidikan. Didalamnya terdapat gambaran tentang membentuk peserta didik yang selaras antara akal, hati dan tindakannya sesuai dengan kehendak Allah SWT. Selanjutnya, karakteristik yang perlu dibentuk pada diri seorang peserta didik dalam konsep khalifah fil ardh adalah manusia yang senantiasa bertasbih, memiliki ilmu pengetahuan, berperilaku baik, adil, dzai aid, serta awwab. Tujuan pendidikan Islam dalam konsep khalifah fil ardh adalah mencetak peserta didik sebagai insan paripurna, manusia yang mampu menyelarasakan akal, hati dan perbuatan sesuai dengan kehendak Tuhan. ENGLISH : Islamic education is the process of changing the behavior of students into better human beings, able to benefit themselves and others. Starting from the author's search for the book Khalifah after Rasulullah SAW., The writer found that there was an Islamic educational goal in the concept of the Khalifah Fil Ard. However, there is still a lot of community stigma in understanding the meaning of the caliph as only a leader, whereas far from that the caliph's figure is the best human figure that needs to be realized in order to create prosperity, and that can be achieved through education. To uncover this, researchers shamed a review of the QS. Al Baqarah 2: 30-36 and QS. Shad 38: 17-26. This study aims to: find a clear picture of the opinion of the commentators of the interpretation of the meaning of the caliph ardh in QS. Al Baqarah 2: 30-36 and QS. Shad 38: 17-26 and the concept of the objectives of Islamic education are based on the meaning of the caliph in the verse. The approach used in this research is a qualitative approach, with a content analysis method. The data collection technique used is library research. Then the data analysis is done by (a) grouping the data about the interpreters of the commentators; (b) categorizing from those found by commentators; (c) interpret the data by looking for one data with other data that has been grouped; (d) summarizing the results of the analysis of the various opinions of the commentators, and supporting books as well as conformity with Islamic Religious Education. The results of this study indicate that: (1) The concept of khalifah fil ardh is the way of Allah SWT, giving a picture to humans to formulate educational goals. In it there is a picture of forming students in harmony between mind, heart and actions in accordance with the will of Allah SWT. Furthermore, the characteristics that need to be formed in a learner in the concept of the Khalifah Fil Ard are human beings who always glorify, have knowledge, behave well, justly, dzai aid, and awwab. The purpose of Islamic education in the concept of the Khalifah Fil Ardh is to print students as plenaries, human beings who are able to harmonize reason, heart and deeds according to God's will.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Khalifah; Tujuan Pendidikan Islam; Pendidikan Islam;
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aditya Pratama
Date Deposited: 03 Jul 2020 07:16
Last Modified: 03 Jul 2020 07:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30292

Actions (login required)

View Item View Item