Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Debt to Total Asset Ratio terhadap tingkat Profitabilitas perusahaan manufaktur bidang barang konsumsi pada Indek Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018

Murtadho, Taufiq Ridwan (2020) Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Debt to Total Asset Ratio terhadap tingkat Profitabilitas perusahaan manufaktur bidang barang konsumsi pada Indek Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Penelitain ini dilatar belakangi oleh penemuan masalah pada laporan keunagan perusahaan manufaktur bidang barang konsumsi pada Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018. Yang seharusnya apabila tingkat DER dan DAR menurun, maka profitabilitas naik, begitupun sebaliknya, namun yang terjadi tidak demikian. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian terhadap perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh DER dan DAR terhadap Profitabilitas pada Indek Saham Syariah Indonesia periode 2014-2018, untuk mengetahui variable mana yang dominan mempengaruhi tingkat profitabilitas. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan penelitian ini adalah teori dan konsep tentang tingkat DER dan DAR serta konsep tingkat profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini yaitu menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilaakukan dengan menganalisis laporan keuangan terkait profitabilitas, DER dan DAR periode 2014-2018. Model analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda. Pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 22. Kerangka penelitian ini adalah salah satu faktor yang membuat suatu perusahaan memiliki daya saing dalam jangka panjang yakni karena salah satu faktor baiknya tingkat profitabilitas memiliki nilai DER dan DAR yang sehat, Berdasarkan studi pendahuluan diIndek Saham Syariah Indonesia, dalam implementasinya tingkat profitabilitas mengalami fluktuatif, hal ini mendeskripsikan bahwa keadaan tingkat profitabilitas tidak stabil. Sehingga resiko yang akan diterima oleh pihak investor lebih besar. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh DER dan DAR pada Indek Saham Syariah Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh siginifikan terhadap profitabilitas adalah DER dengan t hitung> t tabel (19,365>2,36), nilai R 74,60% yang berarti memiliki nilai kuat. DAR dengan t hitung> t tabel (0,734>2,36), nilai R74,40% yang berarti memiliki nilai kuat. Secara simultan kedua variabel berpengaruh secara signifikan yaitu F hitung > F tabel (14,338>13,81) dan sisanya dipengaruhi faktor lain. Hasil penelitian ini membenarkan pada packing order teori yang menyatakan bahwa perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang tinggi apabila perusahaan memiliki tingkat utang yang lebih kecil, begitupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; Debt to Total Asset Ratio; profitabilitas
Subjects: Islam > Islam and Economics
General Management > Financial Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Taufiq Ridwan
Date Deposited: 30 Mar 2020 05:39
Last Modified: 30 Mar 2020 05:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30352

Actions (login required)

View Item View Item