Peranan pengawasan dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai: Studi deskriptif di seksi bimbingan masyarakat islam Kementerian Agama Kota Bandung

Supriatna, Usup (2016) Peranan pengawasan dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai: Studi deskriptif di seksi bimbingan masyarakat islam Kementerian Agama Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)

Abstract

Seksi Bimbingan Masyarakat Islam merupakan salah satu Seksi di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, keberadaannya sekaligus memegang peranan penting dalam menjalankan fungsinya di Kantor Kementerian Agama Kota Bandung. Sejalan dengan itu, diperlukan Sumber Daya Manusia dalam hal ini pegawai yang disiplin dan kompeten serta mampu mengabdikan diri dalam menjalankan fungsinya sebagai abdi Negara dan abdi Agama. Masalah kedisiplin kerja pegawai merupakan suatu permasalahan klasik yang sampai saat ini masih dicarikan solusi dan penyelesaiannya. Sehubungan dengan itu, tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas peranan pemimpin dalam menjalankan fungsi pengawasannya terhadap pegawai di Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bandung. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk serta tahapan-tahapan yang diterapkan pemimpin dalam hal pengawasan disiplin kerja pegawai. Penelitian ini betolak dari kerangka pemikiran bahwa pengawasan sebagai salah satu proses dimana pimpinan ingin mengetahui apakah pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh bawahannya sesuai dengan rencana , perintah, tujuan atau kebijaksanaan yang telah ditentukan. Bahwa pengawasan merupakan faktor yang sangat penting terhadap pelaksanaan kinerja bawahan dalam sebuah organisasi atau lembaga sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena denga metode ini peneliti dapat menggambarkan serta menganalisis suatu hasil penelitian secara benar, akurat serta kritis. Adapun langkah-langkah penelitian ditempuh meliputi: penentuan lokasi penelitian, metode penelitian, menentukan jenis data, menentukan sumber data (sumber data primer dan sekunder), teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, studi dokumentasi serta studi kepustakaan) dan analisi data (kategorisasi dan klasifikasi data, analisis data dan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa proses pengawasan yang dilakukan oleh pemimpin sangat mempengaruhi tingkat kedisiplinan pegawai, dalam menajalan fungsi pengawasan pemipin menggunakan bentuk serta tahapan-tahapan dalam pengawasan. Semua peneliti, bahwa tingkat kedipilinan pegawai di Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bandung pada tahun 2015 dalam tiga tahun terakhir mengalami penurunan, hal ini disebabkan peranan pengawasan pemimpin dalam hal ini kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam yang tidak tegas serta inkonsistensi dalam bentuk dan tahapan yang diterapkan serta tidak menyeluruhnya pengawasan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengawasan; disiplin kerja; pegawai; kinerja
Subjects: Religious Mythology > Religions and Secular Disciplines
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 01 Apr 2020 08:30
Last Modified: 01 Apr 2020 08:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30397

Actions (login required)

View Item View Item