Kontroversi nilai-nilai toleransi beragama: Studi analisis semiotika charles sanders peirce pada film ‘?’ karya sutradara Hanung Bramantyo

Nurjanah, Syfa (2017) Kontroversi nilai-nilai toleransi beragama: Studi analisis semiotika charles sanders peirce pada film ‘?’ karya sutradara Hanung Bramantyo. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Film ‘?’ (baca: Tanda Tanda) dengan genre drama menggabungkan unsur pluralisme agama dan memungut peristiwa-peristiwa faktual sekitar tahun 2000-2010 seperti kasus pengeboman gereja, perusakan milik orang lain yang melanggar kaidah agama, serta kerusuhan antar etnis. Film ‘?’ (baca: Tanda Tanya) memiliki pesan toleransi beragama menjadi pertentangan di masyarakat padahal Indonesia merupakan negara yang plural. Maka dari itu film ‘?’ (baca: Tanda Tanya) memiliki banyak tanda pada scene atau adegan dalam film ini yang harus diketahui maknanya. Melalui tanda-tanda ini diharapkan dapat diketahui makna toleransi beragama yang menjadi kontroversi di masyarakat. Masalah tersebut menjadi latar belakang penelitian dengan menggunakan analisis semiotika Charles Anders Peirce. Selain untuk menemukan tanda-tanda dari nilai-nilai toleransi beragama yang menjadi kontroversi, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan penjelasan mengenai makna toleransi beragama yang dapat diterima oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika triangle meaning Charles Sanders Pierce; sign, object, dan interpretant. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, literatur tentang kajian semiotika dan wawancara untuk melengkapi data. Analisis data yang dilakukan dengan mengklasifikasikan data, menyeleksi data sesuai dengan teori triangle meaning Pierce. Semiotika merupakan ilmu yang mempelajari tentang tanda dan makna dibalik tanda tersebut. Teori Semiotika triangle meaning Charles Sanders Pierce merupakan salah satu teori semiotika yang sering digunakan dalam menentukan makna dibalik tanda visual yang terdapat dalam film. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa tanda-tanda yang terdapat dalam setiap sequence film ‘?’ (baca: Tanda Tanya) mengenai nilai toleranasi beragama yang menjadi kontroversi yaitu, adanya pembenaran semua agama dengan hadirnya sosok Rika yang murtad dan merasa tidak ada yang salah dengan pilihannya. Kemudian muncul asumsi dari pihak MUI yang menentang film ini, yaitu tentang pengaburan kesucian agama dan dianggap bahwa toleransi beragama yang digambarkan oleh sutradara Hanung Bramantyo terlalu bebas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kontroversi; nilai toleransi beragama; triangle meaning
Subjects: Public Performances > Directors
Public Performances > Film Reviews
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 02 Apr 2020 12:22
Last Modified: 02 Apr 2020 12:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30410

Actions (login required)

View Item View Item