Hubungan antara kompetensi sosial dan kepercayaan diri pada siswa: Studi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung

Hazadiyah, Dina (2013) Hubungan antara kompetensi sosial dan kepercayaan diri pada siswa: Studi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung, berawal dari penemuan peneliti bahwa ada beberapa siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung yang kurang percaya diri dalam hal berteman maupun bergaul. Banyak faktor yang menyebabkan siswa kurang percaya diri yaitu masih ada rasa malu, takut kemudian mereka akan lebih percaya diri ketika adanya alasan yaitu dengan memiliki banyak teman jadi tidak minder dan tidak merasa terpojokan, adanya motivasi dari dalam dirinya, adanya kebersamaan dengan teman lainnya, ada teman yang bisa diajak untuk mengobrol, dan lain sebagainya. Pada masa remaja terdapat kemampuan untuk mengatasi situasi sosial dan kemungkinan tentang apa yang diinginkan maupun apa yang dibutuhkan oleh remaja disebut juga kompetensi sosial. Dengan demikian remaja membutuhkan interaksi sosial dalam menyesuaikan diri di lingkungan sekitarnya. Adapun ketika seseorang memiliki rasa percaya diri maka kemungkinan orang tersebut dapat terlibat aktif dan menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Dari fenomena yang telah dipaparkan maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kompetensi sosial dengan kepercayaan diri pada siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan non-eksperimental dengan teknik korelasional, yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara variabel kompetensi sosial dan kepercayaan diri pada siswa. Peneliti melakukan riset pada populasi siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung yang berjumlah 343 orang. Sample yang diambil dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kompetensi sosial dan kepercayaan diri. Alat ukur dirancang dengan menggunakan skala likert yang menghasilkan data dengan tingkat ordinal dan penyataannya terdiri dari 4 alternatif jawaban, yang kemudian diolah dengan teknik korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil pengelolaan data, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi sosial dengan kepercayaan diri pada siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,565 dan sigificancy level (0,000). Artinya H0 ditolak dan H1 diterima Jadi dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kompetensi sosial dengan kepercayaan diri pada siswa. Artinya apabila kompetensi sosial tinggi, maka tingkat kepercayaan dirinya pun akan tinggi pula, sebaliknya jika kompetensi sosial yang rendah maka tingkat kepercayaan dirinya pun akan rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial; Kepercayaan Diri; Siswa;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 03:38
Last Modified: 28 Jun 2019 09:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item