Membangkitkan potensi fitrah belajar pada masa wabah Covid-19 melalui pembentukan mindset driver

Burhanudin, Undang and Nurulhaq, Dadan and Nandang S, Ade and Fikri, Miftahul (2020) Membangkitkan potensi fitrah belajar pada masa wabah Covid-19 melalui pembentukan mindset driver. In: Karya Tulis Ilmiah, April 2020, Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Undang Burhanudin, dkk-Membangkitkan Potensi Fitrah Belajar Di Masa Wabah Covid-19 Melalui Pembentukan Mindset Driver.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Masa pandemi Covid-19 mengubah berbagai aspek kehidupan masyarakat terutama dalam pendidikan, para peserta didik dituntut belajar di rumah tetapi tidak menyenangkan bagi mereka dan bahkan membuat stress. Tujuan penulisan artikel ini untuk menemukan cara membangkitkan potensi fitrah belajar yang tidak memberikan tekanan pada peserta didik melalui metode garpu tala dan pembentukan mindset driver yang mampu mengendalikan kehidupannya sendiri. Metode penulisan artikel ini dengan pendekatan kualitatif, deskriptif analitik, library research, systematic literature review, dan studi pustaka. Hasil kajian ini membahas bahwa potensi fitrah belajar sudah diberikan oleh Allah tetapi sering kali dirusak oleh orang tua dan lingkungan. Membangkitkannya melalui bercengkrama dengan Allah. Orang tua perlu menyadari bahwa anak adalah titipan yang memiliki kelebihan. Anak perlu berusahan menjadi mandiri dan berlatih mengubah pola pikir agar dapat mengendalikan kehidupan dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa potensi fitrah belajar adalah potensi yang membuat anak belajar dengan bahagia tanpa tekanan. Tujuan belajarnya adalah mengharap ridho Allah dan selalu berkarya serta selalu bertumbuh bukan karena pencitraan, hanya sekedar menggugurkan tugas. Cara membangkitkan potensinya melalui metode garpu tala yang dapat menjadikan diri mampu merkomunikasi dengan Allah, serta mengubah mindset menjadi seseorang yang lebih mau mengendalikan kehidupan dengan bahagia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: belajar; fitrah; pengemudi; penumpang; pola pikir
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Miftahul Fikri
Date Deposited: 30 Apr 2020 22:50
Last Modified: 30 Apr 2020 22:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30592

Actions (login required)

View Item View Item