Perilaku sosial ibu rumah tangga pemakai jasa bank keliling: Studi ibu rumah tangga pemakai jasa bank keliling di Desa Cikeris Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta

Agustianti, Lusi (2020) Perilaku sosial ibu rumah tangga pemakai jasa bank keliling: Studi ibu rumah tangga pemakai jasa bank keliling di Desa Cikeris Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpusatka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran rentenir di tengah-tengah masyarakat merupakan salah satu fenomena sosia-ekonomi yang memiliki pengaruh besar khususnya terhadap masyarakat kelas menengah bawah. Keberadaan rentenir salah satunya terjadi di Desa Cikeris Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta Jawa Barat yang lebih dikenal dengan nama Bank Keliling (Bankkling). Jasa mereka yang menawarkan pinjaman dengan proses yang cepat dan mudah membuat kehadiran mereka banyak dimanfaatkan oleh beberapa kalangan masyarakat, di mana mayoritas nasabah mereka adalah para ibu rumah tangga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme pinjaman yang diberlakukan oleh Bank Keliling, faktor ibu-ibu rumah tangga mamakai jasa Bank Keliling dan dampak perilaku ibu rumah tangga memakai jasa Bank Keliling di Desa Cikeris Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Tindakan Sosial (Social Action) dari Max Weber. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang karena tindakan tersebut memiliki arti subyektif bagi dirinya yang diarahkan kepada orang lain. Weber membagi tindakan sosial menjadi empat tipe yang berbeda yaitu 1) tindakan rasional instrumental, 2) tindakan rasionalitas nilai, 3) tindakan afeksi dan 4) tindakan tradisional. Setiap manusia bisa melakukan tindakan yang berbeda-beda meskipun mereka dihadapkan pada individu lainnya, namun tindakan tersebut juga dapat membentuk kombinasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu di mana jenis, sumber, teknik pengumpulan sampai analisis data dilakukan dengan cara dideskripsikan kedalam bentuk naratif, sehingga hasil penelitian atas fenomena yang diteliti dapat lebih realistis dan konkret. Studi dalam penelitian ini yaitu ibu rumah tangga yang memakai jasa Bank Keliling. Hasil penelitian ini cukup menunjukan bahwa mekanisme pinjaman yang relatif mudah dan cepat membuat sebagian masyarakat lebih memilih Bank Keliling dibandingkan jenis pinjaman lainnya meskipun dengan resiko memiliki bunga yang cukup besar. Fakor ekonomi menjadi faktor utama sebagian ibu rumah tangga memakai jasa Bank Keliling dan faktor administratif menjadi faktor lain yang mendukung mereka memilih Bank Keliling. Setelah masuknya Bank Keliling, sebagian dari ibu rumah tangga justru mengalami ketergantungan yang besar terhadap jasa tersebut dan secara langsung berdampak pada kehidupan ekonomi, keluarga, bahkan moralitas nasabah dan pemahaman mereka terkait hukum riba yang diberlakukan oleh agama. Dampak tersebut menjadikan perilaku ibu-ibu rumah tangga tersebut lebih menunjukan perilaku atau tindakan sosial yang negatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku sosial; Ibu rumah tangga; Bank Keliling
Subjects: Commerce, Trade
Commerce, Trade > Retail Trade
Customs of People
Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lusi Agustianti
Date Deposited: 03 Jun 2020 05:32
Last Modified: 03 Jun 2020 05:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30626

Actions (login required)

View Item View Item