Kesholehan sosial berbasis masjid : Studi kasus kesholehan sosial dalam bentuk kerjasama warga desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Anwar, Saeful and Marfuah, Luk Luk Atin and Kurniawan, Muh. Idham (2020) Kesholehan sosial berbasis masjid : Studi kasus kesholehan sosial dalam bentuk kerjasama warga desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. In: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2 May 2020, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah)
Kesholehan Sosial Berbasis Masjid.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Salah satu nilai kesholehan sosial ialah kerjasama. namun dalam kondisi Indonesia saat ini yang sedang dihadapkan dengan pandemik covid-19, mengakibatkan kerjasama secara langsung mungkin tidak dapat dilakukan khususnya dalam memakmurkan masjid sehingga peneliti tertarik meneliti tentang nilai kerjasama yang bertujuan untuk mengetahui : 1. jenis kegiatan apa yang sering dilakukan oleh warga sekitar masjid di Desa Cimekar secara bersama-sama dalam kepentingan masjid sebelum adanya pandemic virus covid-19. 2. Kerjasama apa yang dilakukan oleh warga Desa Cimekar khususnya warga sekitar masjid dan DKM dalam memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis kualitatif dengan teknik wawancara kebeberapa pengurus masjid atau DKM yang ada di Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung Timur. Teknik pengambilan sampel masjid pada penelitian ini mengguanakan teknik sampel sederhana atau simple random sampling. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa kerjasama yang telah dilakukan oleh warga Desa Cimekar Kabupaten Bandung timur selama ini yaitu dengan mengadakan iuran rutin untuk memfasilitasi seluruh kegiatan rutin yang diadakan oleh pihak DKM masjid dan warga setempat guna memakmurkan masjid seperti halnya pengajian rutin yang diadakan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pihak DKM masjid masing-masing baik bagi orang dewasa maupun bagi anak-anak sekitar masjid desa cimekar. Adapun kegiatan kerjasama dalam memutus pandemik covid-19 yang dilakukan oleh warga desa Cimekar Kabupaten Bandung Timur dengan mengadakan penyemprotan desinfektan ke Masjid dan juga rumah warga sekitar masjid yang berada disekitar masjid desa Cimekar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Uncontrolled Keywords: Desa Cimekar; Kerjasama; Kesholehan sosial; Masjid
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muh idham Kurniawan
Date Deposited: 02 May 2020 15:28
Last Modified: 03 May 2020 02:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30643

Actions (login required)

View Item View Item