Desain konseptual sistem pembatasan akses laboratorium berbasis teknologi biometrik dan monitoringnya secara jarak jauh berbasis iot untuk mendukung kondisi Work From Home (WFH)

Mardiati, Rina and Ismail, Nanang and Faroqi, Adam and Effendi, Mufid Ridlo Desain konseptual sistem pembatasan akses laboratorium berbasis teknologi biometrik dan monitoringnya secara jarak jauh berbasis iot untuk mendukung kondisi Work From Home (WFH). LP2M. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
KTI_Rina Mardiati.pdf - Submitted Version

Download (542kB) | Preview

Abstract

Sistem keamanan laboratorium pada umumnya menggunakan kunci konvensional, alarm, dan CCTV. Sistem keamanan laboratorium yang konvensional tidak dapat membatasi pengguna laboratorium dan memantau siapa saja yang menggunakan laboratorium. Makalah ini mengusulkan sebuah desain konseptual sistem pembatasan akses laboratorium berbasis teknologi biometrik dan sistem monitoringnya secara jarak jauh berbasis IoT. Monitoring jarak jauh terhadap siapa saja yang mengakses laboratorium menjadi hal yang sangat penting untuk membantu kondisi pengawasan dan pengamanan laboratorium pada kondisi Work From Home (WFH). Pengelola laboratorium dapat mengetahui siapa saja yang masuk dan jam berapa melakukan aktivitas di lab dari rumah. Jika ada yang memaksa melakukan akses paksa terhadap laboratorium akan segera dapat dimonitor oleh pengelola.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keamanan; laboratorium; biometrik; monitoring; IoT
Subjects: Electricity > Electrodinamics, Electric Current
Applied Physics > Electrical Engineering
Applied Physics > Computer Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Rina Mardiati
Date Deposited: 03 May 2020 13:21
Last Modified: 03 May 2020 13:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30648

Actions (login required)

View Item View Item