Strategi pengelolaan jamaah masjid melalui pendidikan nilai dalam pencegahan pandemi Covid-19 : Studi deskriptif analisis di masjid Al-Muhajirin Kabupaten Bandung

Sadiah, Dewi and Saefullah, Uwoh and Rahmawaty, Indira Sabet and Hamdani, Amin Strategi pengelolaan jamaah masjid melalui pendidikan nilai dalam pencegahan pandemi Covid-19 : Studi deskriptif analisis di masjid Al-Muhajirin Kabupaten Bandung. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Strategi Pengelolaan Jamaah Masjid Melalui Pendidikan Nilai Dalam Pencegahan Pandemi Covid-19.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan masjid sebagai sarana ibadah dengan segala kegiatan yang memiliki dimensi muamalah. Kemudian dikaitkan dengan adanya wabah pandemi covid-19, maka segala aktivitas di masjid diberhentikan dan dikhawatirkan jemaah masjid terkena virus corona. Atas dasar permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui upaya dan hasil strategi pengelolaan jamaah masjid melalui pendidikan nilai dalam pencegahan pandemi covid-19 di Masjid Al-Muhajirin Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Upaya pengelolaan jamaah masjid melalui pendidikan nilai dalam pencegahan pandemi covid-19 yang dilakukan DKM dan jajarannya melalui: musyawarah, memberikan informasi, memberikan pemahaman, pelaksanaan ibadah shalat berjamaan di rumah masing-masing, saling mengingatkan antara jamaah masjid, dan berdoa bersama supaya wabah covid-19 cepat hilang dari muka bumi. Evaluasi pengelolaan jamaah masjid melalui pendidikan nilai dalam pencegahan pandemi covid-19, kegiatan ibadah ritual di masjid ditiadakan diganti dengan pelaksanannya di rumah masing-masing, memberikan pengumuman lewat WA dalam rangka menghindari virus corona, memberikan tausiah lewat WA grup, dan hasil musyawarah terakhir dengan semua pengurus dengan tegas bahwa segala kegiatan ibadah diberhentikan termasuk shalat tarawih dan idul fitri, hanya azan yang diperbolehkan oleh seorang atau dua orang jamaah masjid Al-Muhajirin. Para jamaah masjid dan lingkungan sekitarnya diharuskan mengikuti petunjuk pencegahan pandemi covid-19 dengan cara yaitu: sering mencuci tangan, hindari menyentuh area wajah, hindari berjabat tangan dan berpelukan, jangan berbagi barang pribadi, etika ketika bersin dan batuk, bersihkan perabotan di rumah, jaga jarak sosial (social distancing), hindari berkumpul dalam jumlah banyak, dan mencuci bahan makanan. Strategi pengelolaan jamaah Masjid Al-Muhajirin dalam melaksanakan ibadah ritual tetap istiqomah di rumah masing-masing dan selalu menjaga kebersamaan para jamaahnya serta senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagai ikhtiar dalam rangka pencegahan pandemi covid-19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pencegahan covid 19; pendidikan nilai; pengelolaan jamaah;
Subjects: Islam > Da'wah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Dr. Dewi Sadiah
Date Deposited: 04 May 2020 04:44
Last Modified: 04 May 2020 04:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30683

Actions (login required)

View Item View Item