Manajemen SDM dalam optimalisasi sertifikasi pembimbing manasik ibadah haji

Sarbini, Ahmad and Rahman, Arif and Herman, Herman and Rustandi, Ridwan (2020) Manajemen SDM dalam optimalisasi sertifikasi pembimbing manasik ibadah haji. Working Paper. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Manajemen SDM dalam Optimalisasi Sertifikasi Pembimbing Ibadah Haji)
KTI Prodi MD, Ahmad Sarbini, Arif Rahman, Herman & Ridwan Rustandi, Manajemen SDM dalam Optimalisasi Sertifikasi Pembimbing Ibadah Haji.pdf - Submitted Version

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pelatihan sertifikasi pembimbing ibadah haji dalam perspektif manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Orientasi manajemen SDM dalam kegiatan sertifikasi pembimbing ibadah haji dilakukan untuk mencetak pembimbing yang memiliki skill dan mentality sebagai pembimbing, sumber informasi, guide dan problem solver. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Namun demikian, data-data lapangan didapatkan juga melalui kegiatan sertifikasi pembimbing ibadah haji di Kota Bandung pada tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen SDM dalam kegiatan sertifikasi pembimbing ibadah haji dilakukan secara terencana, terukur dan terstruktur. Dimana, manajemen SDM ini dilakukan mulai dari proses perencanaan kegiatan yang melibatkan panitia, asesor dan fasilitator; struktur kurikulum sertifikasi dengan materi dasar, materi utama dan materi penunjang; standarisasi kompetensi pembimbing dalam aspek pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial; output pembimbing dengan indikator kelulusan yang telah ditentukan; dan proses pengawasan kegiatan sertifikasi secara berkala dan berkelanjutan. Penelitian ini berdampak pada optimalisasi pendayagunaan sumber daya manusia dalam proses bimbingan maupun pelaksanaan kegiatan ibadah haji.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM; Optimalisasi; Sertifikasi Pembimbing;
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ridwan Rustandi
Date Deposited: 04 May 2020 05:49
Last Modified: 04 May 2020 05:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30716

Actions (login required)

View Item View Item