Mendorong penerapan Crisis and Emergency Risk Communication (CERC) untuk mengatasi pandemi Covid 19 di Indonesia

Enjang AS, Enjang AS and Wibawa, Darajat and Wahab, Encep Dul and Muslim, Acep (2020) Mendorong penerapan Crisis and Emergency Risk Communication (CERC) untuk mengatasi pandemi Covid 19 di Indonesia. Mendorong Penerapan Crisis and Emergency Risk Communication (CERC) untuk mengatasi Pandemi Covid 19 di Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Enjang AS dkk [KTI, 2020]_Mendorong Penerapan Crisis and Emergency Risk Communication dalam Penanganan Pandemi Covid 19 di Indonesia (1).pdf

Download (581kB) | Preview

Abstract

Praktik komunikasi yang diperagakan oleh pemerintah dalam menangani pandemi Covid 19 belum menerapkan prinsip-prinsip komunikasi yang efektif. Ini berakibat pada kurangnya kepercayaan publik terhadap pemerintah dalam penanganan wabah yang pada gilirannya dapat memperlambat bahkan menghambat proses penanganan krisis kesehatan ini. Maka yang diperlukan adalah model komunikasi yang lebih komprehensif dan relevan dengan konteks Indonesia. Sayangnya, tidak banyak referensi yang dapat diacu untuk merumuskan strategi tersebut. Secara akademik studi ini bertujuan untuk mengisi kurangnya kajian sistematis terkait komunikasi dalam penanganan pandemi di Indonesia dengan menawarkan alternatif model crisis and emergency risk communication (CERC). Lebih jauh, kami berharap tulisan ini dapat memberikan kontribusi praktis bagi para pemangku kebijakan untuk merumuskan strategi komunikasi yang efektif dan relevan untuk menangani pandemi saat ini maupun di masa yang akan datang. Penulisan artikel ini didasarkan metode studi literatur. Studi ini menemukan bahwa CERC memiliki keunggulan dari segi kelengkapan dalam penanganan krisis di tahapan sebelum, ketika, dan setelah krisis; kedua, ia bersifat praktis tapi juga mempertim-bangkan aspek-aspek nonteknis dari krisis (misalnya psikologis); ketiga, model CERC terus diperbarui dari waktu ke waktu. Model CERC berpijak pada enam prinsip utama yaitu be first, be right, be credible, express emphaty, promote action, dan show respect. Dengan keunggulan dan prinsip-prinsip tersebut, model CERC layak untuk dipertimbangkan dan diterapkan sebagai model komunikasi untuk menagani pandemi yang saat ini berlangsung maupun pandemi serta krisis-krisis lain yang mungkin akan menjelang di masa yang akan datang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: crisis and emergency risk communication (CERC); komunikasi efektif; penanganan pandemi covid 19.
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: enjang as
Date Deposited: 04 May 2020 06:49
Last Modified: 04 May 2020 06:49
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30723

Actions (login required)

View Item View Item