Pengembangan dan validasi perangkat pembelajaran berorientasi literasi membaca pada pembelajaran tematik di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah.

Mangkuwibawa, Hilman and Saefudin, Asis and Muhamadi, Sani Insan and Mahmud, Muhammad Rifqi (2020) Pengembangan dan validasi perangkat pembelajaran berorientasi literasi membaca pada pembelajaran tematik di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. In: KTI. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Kelompok 38 PGMI.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran sangatlah diperlukan untuk membantu guru maupun siswa dalam proses pembelajaran sehingga guru hendaknya mampu memfasilitasi dengan baik proses tersebut sesuai kebutuhan siswanya. Oleh karena itu, pengembangan dan validitas instrumen yang dapat menggambarkan pembelajaran literasi membaca pada proses belajar mengajar sangat membantu untuk menyiapkan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Dalam penelitian ini, dikembangkan perangkat pembelajaran diantaranya RPP, LKPD, media pembelajaran, dan soal tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan literasi membaca siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Model 4D merupakan singkatan dari define, design, development, and dissemination. Penelitian ini dilakukan sampai tahap development. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan hanya sampai uji validitas oleh para ahli. Hasil pengembangan dan validasi perangkat pembelajaran tematik berorientasi literasi membaca pada pembelajaran di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah ini valid. Hasil dari penelitian ini dapat diuji cobakan dan tahapan disseminate untuk penelitian berikutnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Literasi Membaca; Pembelajaran Tematik; Instrumen; Madrasah Ibtidaiyah;
Subjects: Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sani Insan Muhamadi
Date Deposited: 04 May 2020 08:45
Last Modified: 04 May 2020 08:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30731

Actions (login required)

View Item View Item