Persepsi Masyarakat Lokal tentang Perilaku Keagamaan Mahasiswa sebagai Masyarakat Pendatang dan Pengaruhnya terhadap Pola Interaksi Diantara Mereka

Fakhruroji, Moch (2003) Persepsi Masyarakat Lokal tentang Perilaku Keagamaan Mahasiswa sebagai Masyarakat Pendatang dan Pengaruhnya terhadap Pola Interaksi Diantara Mereka. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (HKI)
sertifikat_HKI_karya tulis (Tesis).pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial sebagai inti dari proses sosial merupakan sesuatu identitas dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat. Dalam interaksi sosial, khususnya yang berdimensi asosiatif, terdapat beberapa pola antara lain; akomodasi, asimilasi dana kulturasi yang secara keseluruhan merupakan suatu proses yang berkesinambungan diantara dua kelompok masyarakat yang salah satunya dipengaruhi oleh cara pandang atau persepsi suatu kelompok terhadap kelompok lainnya. Fenomena ini terlihat dalam hubungan antara masyarakat Cipadung sebagai masyarakat local dengan mahasiswa IAIN SGD Bandung sebagai masyarakat pendatang di wilayah mereka. Berdasarkan pada fenomena di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana persepsi masyarakat Cipadung terhadap perilaku keagamaan mahasiswa sebagai masyarakat pendatang; pola interaksi yang dimunculkan dalam kehidupan sosial sehari-hari; dan pengaruh persepsi masyarakat local tentang mahasiswa sebagai masyarakat pendatang terhadap pola interaksi yang terjadi diantara mereka. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa persepsi memiliki peran penting dalam mewujudkan pola interaksi sosial pada sebuah masyarakat. Melalui persepsi, seorang individu mengadakan pengamatan yang ditindak lanjuti dengan penilaian-penilaian berdimensi afektif sehingga akan memunculkan pola-pola interaksi sosial yang dijalaninya. Untuk mengarahkan penelitian ini, penulis mengajukan hipotesis penelitian, yakni: Persepsi masyarakat local tentang perilaku keagamaan mahasiswa sebagai masyarakat pendatang tidak berpengaruh terhadap pola interaksi sosial diantara mereka. Untuk kepentingan penelitian ini, metode yang dipergunakan ialah metode kasus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang diyakini mampu digunakan untuk mengungkap situasi tertentu pada sebuah kelompok masyarakat dengan menampilkan fakta sosial yang muncul. Dari penelitian yang dilakukan terhadap 30 orang responden, diperoleh nilai indeks korelasi sebesar 0,59 yang berada pada interval 0,41 – 0,60 dengan kategori sedang.Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh ialah sebesar 4,81 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,70. Dengan hasil ini, maka hipotesis yang diajukan (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan pada perhitungan pengaruh, besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 19%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa, pola interaksi sosial dipengaruhi oleh persepsi masyarakat Cipadung tentang perilaku keagamaan mahasiswa dengan nilai 19% dan 81% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Moch Fakhruroji
Date Deposited: 05 May 2020 03:33
Last Modified: 23 Jan 2021 00:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30767

Actions (login required)

View Item View Item