Potensi mineral tanah liat – surfaktan untuk aplikasi bahan sanitasi dalam pencegahan Covid-19: Pembelajaran dari taharah yang menggunakan tanah

Suhendar, Dede and Supriadin, Asep and Delilah, Gina Giftia Azmiana and Sudiarti, Tety Potensi mineral tanah liat – surfaktan untuk aplikasi bahan sanitasi dalam pencegahan Covid-19: Pembelajaran dari taharah yang menggunakan tanah. Article. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Full Text)
Final Template Artikel Karya Ilmiah 2020.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Tanah liat telah mengiringi peradaban umat manusia sepanjang sejarah karena ia merupakan merupakan bahan yang multifungsi. Ajaran Islam melalui taharah telah memberikan gagasan paling tepat dalam mencegah penularan penyakit akibat bakteri patogen dan virus, yakni dalam menyucikan benda-benda yang terkena najis berat dengan cara menggunakan air yang dicampur tanah. Dalam tulisan ini, kami telah melakukan tinjauan pustaka secara sistematis untuk menelaah gagasan menyucikan najis berat dengan menggunakan campuran air dan tanah, kemudian menelaah kemungkinan campuran air dengan zat-zat aktif yang ada dalam tanah untuk pencegahan penularan virus Corona (COVID-19). Berdasarkan studi literatur, air liur anjing mengandung beberapa spesies bakteri patogen dan virus mematikan. Sementara itu, tanah yang bercampur dengan air akan menghasilkan mineral-mineral tanah liat dan humus terlarut, dan humus ini memiliki sifat surfaktan. Larutan mineral tanah liat – humus ini dapat dipertimbangkan sebagai kombinasi nanoclay – surfaktan, suatu kombinasi yang pernah diteliti memiliki aktivitas antivirus dengan spektrum yang luas. Berdasarkan gagasan taharah dan temuan-temuan terkini, bahan aktif sanitasi yang efektif, halal, dan ramah lingkungan adalah mineral tanah liat yang dikombinasikan dengan surfaktan. Sebagai sumber lemak untuk pembuatan bahan sabun dapat digunakan minyak zaitun (didominasi kandungan asam oleat). Melalui studi literatur mengenai sifat, manfaat, dan keamanan pemakaiannya dari tanah liat dan garam oleat, formulasi gabungan mineral tanah liat dengan sabun berbahan minyak zaitun ini memiliki potensi dapat diimplementasikan menjadi produk sanitasi yang memiliki jangkauan pemakaian antiseptik yang luas dan aman, dari sekedar pencuci tangan, pencuci muka, sampai sabun mandi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tanah Liat; Adsorben; Surfaktan; Antivirus; COVID-19
Subjects: Inorganic Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Dr. Dede Suhendar
Date Deposited: 05 May 2020 03:35
Last Modified: 05 May 2020 03:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30793

Actions (login required)

View Item View Item