Pengaruh program Kapaksa Kudu Jualan (Kakuju) terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa program studi MKS FEBI UIN SGD Bandung

Sobana, Dadang Husen and Hartati, Neneng and Suherman, Usep Deden and Widiawati, Widiawati Pengaruh program Kapaksa Kudu Jualan (Kakuju) terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa program studi MKS FEBI UIN SGD Bandung. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
KTI MKS2_KAKUJU_Ok.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Ada satu tradisi di Program Studi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk mahasiswa barunya, yaitu mereka diharuskan untuk mengikuti satu program yang biasa di beri nama “Kapaksa Kudu Jualan” (KAKUJU) atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “diharuskan untuk berjualan”. Ini menarik karena program ini menajdi distingsi program studi MKS FEBI UIN Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kegiatan “Kapaksa Kudu Jualan” (KAKUJU) terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa program Studi Manajemen Keuangan Syariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan media berupa kuesioner sebagai instrumen untuk mendapatkan data primernya. Populasinya seluruh mahasiswa Prodi MKS sebanyak 973 mahasiswa dengan sampel sebanyak 293 orang mahasiswa. Teknik analisis data yang dipakai menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis regresi menunjukkan jika Program KAKUJU bernilai nol, maka minat berwirausaha bernilai 33,542. Sementara jika Program KAKUJU) berubah sebesar 1 satuan, maka akan memberikan pengaruh pada peningkatan terhadap minat berwirausaha sebesar 1,915. Hal ini menunjukan, antara Program KAKUJU dan Minat Berwirausaha di atas memperlihatkan bahwa Program KAKUJU berpengaruh positif serta signifikan (nyata) terhadap minat berwirausaha dengan tingkat signifikansi (α = 0%) sehingga pada tingkat α = 5% program KAKUJU berpengaruh positif serta signifikan terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS model summary, besarnya R2 adalah 0,597, hal ini menerangkan bahwa minat berwirausaha dipengaruhi sebesar 59,7% oleh variabel independen yaitu program KAKUJU. Sementara itu, sisanya 40,3% dipengaruhi faktor lain. Ini artinya program KAKUJU mempengaruhi ninat berwirausaha sebesar 59,7%. Hal tersebut berdasarkan hasil uji T yang menunjukkan Thitung>Ttabel dimana Thitung = 20,770 dengan Ttabel = 1,968. Oleh karena itu, semakin baik program KAKUJU yang dilaksanakan mahasiswa maka semakin tinggi pula minat berwirausaha mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: KAKUJU; Minat Berwirausaha; Mahasiswa;
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurs
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: M.Ag Dadang Husen Sobana
Date Deposited: 05 May 2020 04:20
Last Modified: 05 May 2020 04:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30817

Actions (login required)

View Item View Item