Implementasi algoritma AES (Advanced Encryption Standard) 256 bit dan kompresi menggunakan algoritma Huffman pada aplikasi voice recorder

Rahmawati, Selvia and Taufik, Ichsan and Sandi, Gitarja (2017) Implementasi algoritma AES (Advanced Encryption Standard) 256 bit dan kompresi menggunakan algoritma Huffman pada aplikasi voice recorder. In: SENTER 2017, 15 - 16 Desember 2017.

[img]
Preview
Text
11-Article Text-20-1-10-20180117_2.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: https://senter.ee.uinsgd.ac.id/repositori/index.ph...

Abstract

Keamanan data dengan cara enkripsi tidak hanya dapat dilakukan pada file berbentuk teks dan gambar saja. Tetapi, dapat dilakukan pada file suara yaitu dengan melakukan voice recorder pada aplikasi enkripsi yang dibuat. Agar voice dapat dilakukan enkripsi, maka voice tersebut harus diubah menjadi data digital yang akan dikenali oleh komputer. Dengan melakukan enkripsi hasil file biasanya akan semakin besar dibandingkan file sebelum di enkripsi, hal tersebut karena ada penambahan chiper pada setiap data yang dienkripsi. Hasil file yang besar tersebut dapat berpengaruh terhadap media penyimpanan (storage). Maka pada penelitian ini akan mengimplementasikan algoritma AES (Advanced Encryption Standard) 256 bit untuk mengenkripsi dan mendekripsi file voice recorder dan Algoritma Huffman Coding sebagai kompresi file untuk memperkecil hasil file enkripsi agar memori yang dipakai tidak terlalu besar. Hasil yang didapat adalah perbedaan dari ukuran file enkripsi dan kompresi dibandingkan dengan menggunakan enkripsi saja sebesar 40%. Sedangkan waktu proses enkripsi lebih lama dibandingkan dengan dekripsi, rata-rata waktu dari 20 sampel pengujian pada proses enkripsi membutuhkan 18 detik, pada proses dekripsi 5 detik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Voice; AES 256 bit; Huffman Coding; Android;
Subjects: Data Processing, Computer Science
Special Computer Methods > Programming for Computer Graphics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Mr. Ichsan Taufik
Date Deposited: 05 May 2020 09:03
Last Modified: 05 May 2020 09:03
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30825

Actions (login required)

View Item View Item