Pengaruh bencana Covid-19, pembatasan sosial, dan sistem pemasaran online terhadap perubahan perilaku konsumen dalam membeli produk retail

Yusup, Deni Kamaludin and Badriyah, Mila and Suyandi, Dedi and Asih, Vemy Suci (2020) Pengaruh bencana Covid-19, pembatasan sosial, dan sistem pemasaran online terhadap perubahan perilaku konsumen dalam membeli produk retail. http://digilib.uinsgd.ac.id, 1 (1). pp. 1-10. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Deni & Team - Artikel Karya Ilmiah 2020.pdf

Download (454kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsgd.ac.id

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh fenomena merebaknya pandemik Covid-19 di sejumlah negara, termasuk pula di Indonesia. Kondisi ini bukan hanya telah berdampak secara masif terhadap kondisi kesehatan dan interaksi sosial di kalangan masyarakat, namun juga berpengaruh terhadap kondisi perekonomian. Untuk menghindari penyebaran Covid-19 yang lebih luas, pemerintah terpaksa mengambil kebijakan pembatasan sosial berupa tinggal di rumah, bekerja dari rumah, belajar, dan beribadah di rumah. Di satu sisi, kebijakan tersebut bertujuan positif untuk menghindari akibat yang lebih fatal dari meluasnya penyebaran Covid-19. Namun di sisi lain, kebijakan tersebut juga telah menyebabkan roda perekonomian menjadi melemah dan melambat sangat drastis, bahkan hingga pada titik terendah. Kondisi ini telah memaksa sebagian besar pelaku usaha untuk merubah model bisnis dari sistem pemasaran langsung menjadi sistem pemasaran secara online. Hal ini bertujuan untuk merespon perubahan perilaku konsumen, terutama dalam membeli produk-produk retail. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bencana pandemik Covid-19, pembatasan sosial, dan sistem pemasaran online terhadap perilaku konsumen dalam pembelian produk retail. Melalui penggunaan metode survey dan pendekatan analisis statistik secara kuantitatif dalam penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukan bahwa bencana pandemik Covid-19, pembatasan sosial, dan sistem pemasaran online secara simulltan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan perilaku konsumen dalam membeli produk-produk retail dengan hasil uji korelasi sebesar 0.946 dan hasil uji determinasi sebesar 89.5%, sedangkan sisanya 10.5% merupakan faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil penelitian ini berimplikasi bagi para pelaku usaha untuk merubah pola penjualan produk-produk lainnya dari sistem pemasaran langsung beralih ke sistem pemasaran secara online.

Item Type: Article
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Barter
Administration of Economy > Administration of Commerce
Medicine and Health
Management Housekeeping > Public Household, Servant
Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Mr. Deni Yusup
Date Deposited: 06 May 2020 05:50
Last Modified: 04 Jul 2020 16:35
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30872

Actions (login required)

View Item View Item