Peran pustakawan perguruan tinggi palam masa work from home pandemi covid 19

Nurfauzi, Ilham and Astri, Novella and Genepiawan, Genepiawan and Abung, Abung (2020) Peran pustakawan perguruan tinggi palam masa work from home pandemi covid 19. Peran pustakawan perguruan pinggi palam masa work from home pandemi covid 19. (Submitted)

[img]
Preview
Text (Karya Tulis Ilmiah Masa Covid 19)
KTI-Pustakawan Dalam Masa Work From Home Final.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Pandemi covid 19 yang saat ini melanda negara indonesia dianggap sebagai suatu bencana darurat nasional yang harus segera diatasi dengan cepat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah aturan work from home. Aturan ini berdampak pula pada dunia pendidikan dan perpustakaan, dengan aturan work from home membuat pustakawan harus bekerja di rumah tanpa datang ke gedung perpustakaan, sedangkan kegiatan belajar mengajar atau perkuliahan bagi mahasiswa tetap berjalan, begitu pula dengan tugas dosen sebagai seorang peneliti. Disamping itu pustakawan perguruan tinggi harus tetap pula mendukung program tri dharma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Peran apa yang bisa dilakukan oleh pustakawan perguruan tinggi? Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan tugas dan fungsi seorang pustakawan selama work from home (WFH) dalam masa pandemi covid 19 guna mendukung, menunjang serta memfasilitasi berjalan lancarnya kegiatan akademik (perkuliahan dan penelitian) di universitas serta peran yang dapat diberikan oleh pustakawan kepada masyarakat didalam masa pandemi covid 19. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini ialah metode studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan sumber-sumber dokumen literatur. Dalam masa work from home pustakawan dapat tetap melakukan tugas dan fungsinya dengan memanfaatkan jaringan internet serta teknologi informasi dan komunikasi. Tugas dan fungsi yang dapat dilakukan oleh pustakawan perguruan tinggi selama masa work from home diantaranya memberikan layanan online kepada dosen dan mahasiswa guna mendukung kegiatan perkuliahan, membantu memfasilitasi dosen dalam penelitian dan melakukan penelitian serta membuat karya tulis ilmiah sendiri sebagai pustakawan, mengoptimalisasikan penggunaan media sosial sekreatif, melakukan koordinasi antar sesama pustakawan, menjadi verifikator informasi guna mengurangi penyebaran hoax, serta melakukan tugas tugas kepustakawanan lainnya sesuai dengan kondisi dan dukungan fasilitas pada saat masa work from home.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pandemi covid 19; perguruan tinggi; pustakawan; work from home
Subjects: Library and Information Sciences > Education and Related Topics
Library and Information Sciences > Library Research
Personnel Administration > Librarian
Operations, Archieves, Information Centers > Service to Users
General Libraries, General Archieves, Information Centers Devoted to General Subjects and Disciplines > College and University Libraries
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 08 May 2020 03:17
Last Modified: 08 May 2020 03:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30888

Actions (login required)

View Item View Item