Pengaruh pendapatan premi dan pendapatan investasi terhadap surplus Underwritting dana Tabarru pada PT. Takaful keluarga

Perdana, Sandi Sukma Putra (2019) Pengaruh pendapatan premi dan pendapatan investasi terhadap surplus Underwritting dana Tabarru pada PT. Takaful keluarga. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy

Abstract

Asuransi merupakan lembaga proteksi yang pada jaman ini sudah di kenal masyarakat, dimana hampir setiap kegiatan ke muamalahan terdapat asuransi di dalamnya seperti jual beli, kredit, pinjam meminjam, investasi dan lain lain. Pada umumnya asuransi itu hanya berbicara tentang asuransi jiwa, dan kerugian. Asuransi sudah semakin meluas, salah satunya adalah bidang investasi yang ada dalam asuransi. Seperti produk takaful dana tabarru di perusahaan asuransi di takaful keluarga. Produk takaful dana tabarru ini memiliki manfaat yaitu peserta dapat tolong menolong satu sama lain. Oleh karena itu, perusahaan harus cermat, Untuk menjaga agar dana tabarru baik, harus memperhatikan dari segi pendapatan, sebab jika dana tabarru yang dimiliki kecil maka pendapatan bank lemah, begitupun. Namun, temuan dalam laporan keuangan asuransi syariah PT. Asuransi Takaful Keluarga menunjukan penyimpangan, dimana beberapa periode menunjukkan Pendapatan Premi dan Pendapatan Investasi yang ada berbanding terbalik dengan Surplus Underwritting. Laporan keuangan PT. Asuransi Takaful keluarga menjadi objek dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menganalisa pengaruh Pendapatan Premi terhadap Surplus Underwritting Dana Tabarru PT Asuransi Takaful Keluarga secara parsial, (2) mengetahui dan menganalisa pengaruh Pendapatan Investasi terhadap Surplus Underwritting Dana Tabarru PT Asuransi Takaful Keluarga secara parsial, (3) mengetahui dan menganalisa Pendapatan Premi dan Pendapatan Investasi terhadap Surplus Underwritting Dana Tabarru PT Asuransi Takaful Keluarga secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Asuransi Takaful Keluarga tahun 2009-2016. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai uji t pengaruh Pendapatan Premi terhadap Surplus Underwritting adalah -0.721 < 2.477 atau thitung < ttabel yang artinya terdapat tidak berpengaruh signifikan. Sedangkan pengaruh Pendapatan Investasi terhadap Surpkus Underwritting adalah 1.677 < 2.477 atau thitung < ttabel yang artinya tidak berpengaruh signifikan. Kemudian secara simultan nilai uji F pengaruh Pendapatan Premi dan Pendapatan Investasi terhadap Surplus dana Tabarru adalah Fhitung > Ftabel yakni 1.303 > 0.025 dengan nilai signifikansi 0,350. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan Antara Pendapatan Premi dan Pendapatan Investasi terhadap Surplus Underwritting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendapatan premi; pendapatan investasi; surplus underwitting
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Sandy sukma putra perdana
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:57
Last Modified: 22 Jun 2020 07:57
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31370

Actions (login required)

View Item View Item