Pengaruh Utang Sewa Pembiayaan dan Liabilitas Pajak Tangguhan terhadap Total Liabilitas Jangka Panjang pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. Tempo Scan Pacific Tbk 2009-2018.

Laelasari, Defi Mera (2020) Pengaruh Utang Sewa Pembiayaan dan Liabilitas Pajak Tangguhan terhadap Total Liabilitas Jangka Panjang pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. Tempo Scan Pacific Tbk 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Kepemilikan aktiva dan kondisi pasiva khususnya liabilitas merupakan kondisi yang dilihat sebagai bagian yang menggambarkan keuangan perusahaan. Total Liabilitas Jangka Panjang pada perusahaan menjadi nilai acuan seberapa besar peningkatan dan penurunan dari sisi pasiva perusahaan. Salah satu komponen Liabilitas Jangka Panjang adalah Utang Sewa Pembiayaan dan Liabilitas Pajak Tangguhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Utang Sewa Pembiayaan terhadap Total Liabilitas Jangka Panjang secara parsial, (2) pengaruh Liabilitas Pajak Tangguhan terhadap Total Liabilitas secara parsial, (3) pengaruh Utang Sewa Pembiayaan dan Liabilitas Pajak Tangguhan terhadap Total Liabilitas Jangka Panjang secara simultan pada PT. Tempo Scan Pacific Tbk. Periode 2009-2018. Kerangka berfikir pada penelitian ini adalah ketika perusahaan menandatangani suatu perjanjian pinjaman, maka perusahaan tersebut secara tidak langsung telah menaikkan nilai utang dan akibatnya mengubah Total Liabilitas Jangka Panjang. Jadi, semmakin meningkat proporsi utang suatu perusahaan maka semakin besar juga Jumlah Liabilitas Jangka Panjang. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Tempo Scan Pacific Tbk perioode tahun 2009-2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif , analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis determinasi analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows version 20 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Besarnya pengaruh Utang Sewa Pembiayaan terhadap Total Liabilitas Jangka Panjang secara parsial adalah sebesar 76,1%. 2) Besarnya pengaruh Liabilitas Pajak Tangguhan terhadap Total Liabilitas Jangka Panjang secara parsial adalah sebesar 77,3%. 3) Besarnya pengaruh Utang Sewa Pembiayaan dan Liabilitas Pajak Tangguhan terhadap Total Liabilitas Jangka Panjang secara simultan adalah sebesar 78,7%. Hal tersebut berarti bahwa Utang Sewa Pembiayaan dan Liabilitas Pajak Tangguhan telah memberikan kontribusi terhadap Total Liabilitas Jangka Panjang sebesar 78,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Utang Sewa Pembiayaan; Liabilitas Pajak Tangguhan; Total Liabilitas Jangka Panjang
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Defi Mera Laelasari
Date Deposited: 25 Jun 2020 01:16
Last Modified: 25 Jun 2020 01:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31395

Actions (login required)

View Item View Item