Keterlibatan senat mahasiswa universitas dalam tata kelola organisasi intra kampus: Studi kasus kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Almarogi, Ahmad (2019) Keterlibatan senat mahasiswa universitas dalam tata kelola organisasi intra kampus: Studi kasus kampus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran Senat Mahasiswa Universitas sebagai lembaga legislatif tertinggi di lingkungan kampus dipandang perlu dibentuk, karena selain untuk merumuskan peraturan ataupun undang-undang kampus, Senat Mahasiswa Universitas juga berperan aktif dalam mengontrol atau mengawasi setiap tata kelola organisasi intra di kampus. Berbeda dengan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, 3 tahun terakhir kedudukan tertinggi organisaasi intra kampus di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung belum ada. Namun, tahun 2018 ini Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U) dibentuk kembali, dikesempatan kali ini penulis akan menyorot SEMA-U sebagai organisasi tertinggi di lingkungan kampus UIN Bandung yang mempunyai tugas mengontrol dan terlibat dalam tata kelola organisasi mahasiswa intra (ORMAWA) yang ada di bawahnya, bagaimana peran dan fungsinya sejauh ini, strategi apa saja yang kemudian dilakukan dalam memperbaiki ke-tiadaan itu dan langkah-langkah apa saja yang kemudian dilakukan. Penelitian ini menggunakan teori birokrasi dari Max Weber yang legal rasional diaktualisasikan di Indonesia dengan berbagai kekurangan dan kelebihan seperti terlihat dari perilaku birokrasi. Perilaku birokrasi timbul manakala terjadi interaksi antara karakteristik individu dengan karakteristik birokrasi, apalagi dengan berbagai isu yang berkembang dan penegakan hukum saat ini yang berkaitan dengan patologi birokrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan agar peneliti dapat mendeskripsikan, menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang terjadi di lapangan dan dapat dibuktikan secara empirik. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang peneliti dapatkan dari hasil wawancara, serta sumber data sekunder berupa dokumen dan literatur-literatur yang berkaitan dengan Senat Mahasiswa atau lemlaga legislatif kampus. Hasil penelitiannya ini menunjukan bahwa dari peran dan fungsi Senat Mahasiswa Universitas UIN Bandung ialah merupakan subsistem kelembagaan non-struktural yang berkedudukan di tingkat Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Dan fungsi yang diemban Senat Mahasiswa Universitas yaitu controling, budgeting aspirasi dan legislasi harus dijalankan sebaik-baiknya, lalu beberapa strategi yang kemudian dilakukan ialah merangkul semua elemen intra kampus, membuat pola komunikasi yang baik, dan penyadaran akan pentingnya tata kelola organisasi. Kemudian langkah-langkah yang dilakukan oleh Senat Mahasiswa Universitas UIN Bandung yakni membuat penyadaran dengan beberapa program kerja yang menuunjang tata kelola organisasi intra kampus kea rah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: senat mahasiswa; tata kelola organisasi; intra kampus
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process > Social Control
Social Groups > Social Classes
Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ahmad Almarogi
Date Deposited: 30 Jun 2020 04:01
Last Modified: 30 Jun 2020 04:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31513

Actions (login required)

View Item View Item