Pengaruh pendapatan pengelolaan operasi asuransi dan pendapatan investasi terhadap laba bersih PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin periode 2013-2018

Hardi, Ashari Muhammad (2020) Pengaruh pendapatan pengelolaan operasi asuransi dan pendapatan investasi terhadap laba bersih PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin periode 2013-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan asuransi didirikan karena adanya risiko dalam setiap kegiatan kehidupan manusia. Risiko yang dihadapi beragam ada yang diprediksi atau predictable juga ada yang tidak bias diprediksi atau unpredictable. Karena kehidupan yang semakin kompleks pada saat ini, maka kemungkinan munculnya risiko yang mengancam kebutuhan manusia semakin besar pula. Pada dasarnya, asuransi syariah adalah saling tolong menolong (ta’awun) dan saling menanggung (takaful) antar peserta asuransi. Setiap masyarakat yang mengikuti asuransi syariah, maka perusahaan asuransi akan memperoleh Pendapatan Pengelolaan Operasi Asuransi. Dengan adanya nasabah yang mengikuti asuransi, maka perusahaan asuransi berhak mengelola sebagian dana untuk melakukan kegiatan investasi. Sebagai bentuk untuk meningkatkan Laba Bersih. Laba Bersih seringkali menjadi tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial Pengaruh Pendapatan Pengelolaan Operasi Asuransi terhadap Laba Bersih pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin periode 2013-2018 dan Pendapatan Investasi terhadap Laba Bersih pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin periode 2013-2018 serta mengetahui secara simultan Pengaruh Pendapatan Pengelolaan Operasi Asuransi dan Pendapatan Investasi terhadap Laba Bersih pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin periode 2013-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan data berupa angka-angka menggunakan metode uji statistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin periode 2013-2018 berasal dari halaman website (http://alamin-insurance.com/laporan-keuangan). Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji T) dan uji signifikansi simultan (uji F). Analisis ini juga didukung menggunakan aplikasi perangkat lunak untuk uji statistic yaitu SPSS For Windows Version 20. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis koefisien determinasi secara parsial bahwa antara Pendapatan Pengelolaan Operasi Asuransi terhadap Laba Bersih diperoleh pengaruhnya sebesar 33,9% dan H0 diterima. Pendapatan Investasi terhadap Laba Bersih secara parsial dengan nilai koefisien determinasi menghasilkan pengaruh sebesar 8,9% dan H0 diterima. Secara simultan antara Pendapatan Pengelolaan Operasi Asuransi dan Pendapatan Investasi terhadap Laba Bersih menggunakan analisis koefisien determinasi memperoleh pengaruh sebesar 64% dan H0 diterima yang artinya Pendapatan Pengelolaan Operasi Asuransi dan Pendapatan Investasi secara simultan bepengaruh tidak signifikan terhadap Laba Bersih pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al-Amin periode 2013-2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Pengelolaan Operasi Asuransi; Pendapatan Investasi; Laba Bersih
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Ashari Muhammad Hardi
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:41
Last Modified: 02 Jul 2020 02:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31571

Actions (login required)

View Item View Item