Pilihan rasional masyarakat dalam menjaga keharmonisan Sunni-Syiah: Penelitian di Pondok Pesantren SMP Plus Al-Mukarramah Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Hakim, Lukman Nur (2019) Pilihan rasional masyarakat dalam menjaga keharmonisan Sunni-Syiah: Penelitian di Pondok Pesantren SMP Plus Al-Mukarramah Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Kata Pengantar Dan Daftar Isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy

Abstract

Harmony in Diversity adalah sebuah harapan dalam setiap kehidupan keberagamaaan masyarakat yang harus dipandang secara optimis untuk merealisasikan hal tersebut. Sunni dan Syiah adalah kelompok Islam yang sangat rawan terjadi konflik dalam beberapa aspek. Konflik tersebut didorong oleh perbedaan pemikiran dalam keagamaannya. Di Indonesia, kedua kelompok keagamaan tersebut hidup dan berkembang di masyarakat. Kelompok Islam Sunni merupakan mayoritas di Indonesia, sedangkan kelompok Islam Syiah merupakan minoritas. Namun Hal ini berbeda dengan kelompok Islam Syiah di dilingkungan Pondok Pesantren SMP Plus Al-Mukarramah, Kelurahan. Padasuka, Kecamatan. Cimenyan, Kabupaten. Di daerah ini, hubungan antara kelompok Islam Sunni dan Islam Syiah berjalan secara harmonis, rukun, dan damai, terutama dalam masalah kemasyarakatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pilihan rasional masyarakat sekitar di lingkungan Pondok Pesantren SMP Plus Al-Mukarramah Kelurahan. Padasuka, Kecamatan. Cimenyan, Kabupaten. Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pilihan Rasional James Cooleman. Menurutnya, tindakan perseorangan mengarah pada suatu tujuan dan tujuan tersebut adalah tindakan yang ditentukan oleh nilai atau preferensi (pilihan). Ada dua unsur penting dalam teorinya James Cooleman, Yaitu aktor dan Sumber Daya. Teori ini dianggap sanggat membantu dalam melihat tindakan sosial masyarakat dengan melihat tindakan individu hingga terbentuk tindakan secara massal. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam kepada enam informan, observasi dan studi dokumentasi atau kepustakaan. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menemukan adanya keharmonisan Sunni-Syiah yang terjadi di lingkungan Pondok Pesantren SMP Plus Al-Mukarramah Kelurahan. Padasuka, Kecamatan. Cimenyan, Kabupaten. Bandung. Merupakan hasil dari adanya upaya dari kedua belah pihak untuk saling menjaga perbedaan, dan hidup bersama dengan adanya rasa saling ketergantungan diantara kedua belah pihak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perpecahan karena perbedaan paham agama dapat dihindari dengan adanya sikap toleransi yang tinggi dan tolong menolong diantara penganut ajaran agama. Bersikap demikian memang bukanlah sesuatu hal yang mudah, namun bukan berarti sesuatu hal yang tidak bisa dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pilihan Rasional; Masyarakat; Harmoni; Sunni-Syiah; Agama
Subjects: Islam
Islam > Islam and Social Sciences
Islam > Shiites
Sociology and Anthropology, Society
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Lukman Nur Hakim
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:17
Last Modified: 16 Feb 2021 07:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31589

Actions (login required)

View Item View Item