Penerapan model cooperative tipe talking chips untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran matematika: Penelitian tindakan Kelas IV MI An-Nur Kabupaten Bandung

Aini, Nur (2019) Penerapan model cooperative tipe talking chips untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran matematika: Penelitian tindakan Kelas IV MI An-Nur Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi pendahuluan yang dilakukan di MI An-Nur Kabupaten Bandung Barat, bahwa pemahaman peserta didik di kelas IV MI An-Nur belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum KKM.(70) Hal ini terjadi karena peserta didik kurang terlibat dalam proses pembelajaran berlangsung dan penerapan model yang kurang tepat, sehingga kemampuan peserta didik dalam memahami materi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pemahaman belajar peserta didik sebelum di terapkannya model Cooperative tipe Talking Chipsi pada mata pelajaran Matematika di kelas IV MI An-Nur Sindangsari Bandung 2) Penerapan model Cooperative tipe Talking Chips di kelas IV MI An-Nur Sindangsari Bandung pada setiap siklus. 3) Pemahaman belajar peserta didik setelah diterapkan model Cooperative tipe Talking Chips pada mata pelajaran Matematika di kelas IV MI An-Nur Sindangsari Bandung pada setiap siklus. Dalam upaya meningkatkan pemahaman peserta didik. Penerapan model Cooperative tipe Talking Chips merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student oriented), dimana model pembelajaran ini sesuai menempati sentral sebagai subyek belajar melalui aktivitas mencari dan menemukan materi pelajaran sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi guru dan peserta didik, lembar kerja peserta didik. Peserta didik yang dijadikan objek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI An-Nur yang berjumlah 22 orang, terdiri dari 7 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative tipe Talking Chips dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Hal ini terlihat pada perkembangan aktivitas guru dari 68,75 meningkat menjadi 73,75 dan aktivitas peserta didik dari 70 meningkat menjadi 76. Kemampuan belajar peserta didik sebelum menggunakan model Cooperative tipe Talking Chips hanya 4 peserta didik yang mencapai nilai KKM(70) dengan kategori sangat baik dari seluruh jumlah 22 peserta didik. Peningkatan kemampuan belajar peserta didik setelah menggunakan model Cooperative tipe Talking Chips dengan dua tindakan pada siklus I dan dua tindakan pada siklus II, meningkat hingga memperoleh nilai rata-rata 73 dengan kategori baik. Dengan demikian, data tersebut menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative tipe Talking Chips dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Matematika; model cooperative tipe talking chips; pembelajaran
Subjects: Cooperative
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Aini
Date Deposited: 09 Jul 2020 02:33
Last Modified: 09 Jul 2020 02:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31724

Actions (login required)

View Item View Item