Analisis pasal 7 ayat (1) Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan menurut perspektif hukum perkawinan islam

Juneldi, Rizel (2020) Analisis pasal 7 ayat (1) Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan menurut perspektif hukum perkawinan islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh dengan adanya perubahan batas minimal usia perkawinan yang terdapat dalam pasal 7 ayat (1) undang-undang nomor 16 tahun 2019 perubahan atas undang-undang nomor 1 tahun 1974, khususnya dengan dinaikan batas minimal usia perkawinan bagi perempuan dari 16 tahun menjadi 19 tahun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui apa saja yang melatar belakangi perubahan pasal 7 ayat (1) undang-undang nomor 1 tahun 1974 menjadi pasal 7 ayat (1) undang-undang nomor 16 tahun 2019, serta dikaitkan dengan bagaimana tinjauan hukum keluarga Islam terhadap pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan teori perubahan undang-undang yang salah satunya melalui judicial review sebagai titik awal Mahkamah Konstitusidalam melakukan pengujian terhadap Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 sehingga melahirkan pertimbangan dari Mahkamah Konstitusi yang berimplikasi terhadap perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 menjadi Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019. Selain itu juga menggunakan teori maslahah yang ditinjau dari hukum Islam yang erat kaitannya dengan batas minimal usia perkawinan sehingga dengan adanya penambahan usia perkawinan ini maka terdapat sebuah kemaslahatan yang bersifat dharuriyyah atau kemaslahatan pokok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dikaitkan dengan teori-teori hukum Islam serta fenomena yang terjadi di masyarakat dan dalam hal ini terkait dengan penelitian perubahan batas minimal usia perkawinanyang terdapat dalam pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019. Hasil penelitian iniyang kemudian menjadi kesimpulan adalah sebagai berikut: latar belakang perubahan pasal 7 ayat (1) undang-undang nomor 16 tahun2019 tentang perkawinan adalah dikarenakan adanya diskriminasi terhadap perbedaan batas usia perkawinan antara laki-laki dan perempuan yang berakibat terhalangnya pemenuhan hak-hak dasar warga negara, seperti hak-hak sipil, sosial, ekonomi, dan pendidikan, yang seharusnya tidak boleh dibedakan berdasarkan alasan jenis kelamin. Selain itu juga menimbulkan diskriminasi terhadap perlindungan hak anak. Kemudian ditinjaudari hukum perkawinan Islam bahwa secara formal tidak ada ketentuan khusus tentang batas usia perkawinan, akan tetapi penambahan batas usia Perkawinan yang ada dalam pasal 7 ayat (1) undang-undang nomor 16 tahun 2019merupakan sebuah kemaslahatan yang bersifat dharuriyyah yang harus dipelihara karena dengan dinaikannya batas usia perkawinan bagi perempuan maka dapat menghindari resiko kecacatan anak yang dilahirkan serta dapat menghindarkan dari kematian ibu dan anak sehingga hal tersebut dapat mewujudkan perlindungan terhadap jiwa(hifz al-nafs) dan perlindungan terhadap keturunan(hifzal-nashl).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perkawinan; hukum perkawinan islam; hukum islam;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Private Law
Private Law > Domestic Relations, Family Law, Marriage
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Prgram Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Rizel Juneldi
Date Deposited: 14 Jul 2020 01:10
Last Modified: 14 Jul 2020 01:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31772

Actions (login required)

View Item View Item