Aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan khitobah hubungannya dengan rasa percaya diri mereka di kelas: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs. As-Sa'adah Sukasari Tahun Ajaran 2019-2020 Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang

Azis, Abdul (2020) Aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan khitobah hubungannya dengan rasa percaya diri mereka di kelas: Penelitian pada siswa kelas VIII MTs. As-Sa'adah Sukasari Tahun Ajaran 2019-2020 Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan ekstrakurikuler keagamaan khitobah yang sudah terimplementasi dengan baik namun dinilai belum memberikan kontribusi banyak terhadap rasa kepercayaan diri siswa di kelas. Hal ini terbukti dengan kondisi siswa di kelas pada saat proses pembelajaran. Meskipun siswa telah diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler khitobah tersebut, akan tetapi rasa kurang percaya diri dan malu-malu masih melekat pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan khitobah, 2) Realitas rasa percaya diri siswa kelas, dan 3) Hubungan antara aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan khitobah dengan rasa percaya diri siswa di kelas VIII MTs. As-Sa’adah Sukasari. Penelitian ini mengacu pada sebuah pemikiran bahwa ekstrakurikuler khitobah merupakan kegiatan yang amat penting untuk menumbuhkembangkan keterampilan berbicara. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler khitobah diyakini dapat memunculkan sifat positif seperti rasa percaya diri. Dengan keterampilan berbicara yang baik dan didukung dengan rasa percaya diri, peserta didik akan mudah untuk menyampaikan gagasannya sehingga akan mudah diterima oleh orang lain. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sampel sebanyak 29 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis parsial dan analisis korelasional. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Aktivitas Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurkuler Keagamaan Khitobah di MTs. As-Sa’adah Sukasari Sumedang berkualifikasi positif berdasarkan perhitungan analisis parsial variabel X yang diperoleh hasil 3,09 (berkategori tinggi karena berada pada interval 3,00-4,00). 2) rasa percaya diri siswa di kelas VIII MTs. As-Sa’adah Sukasari Sumedang berkualifikasi positif berdasarkan perhitungan analisis parsial variabel Y yang diperoleh hasil 3,32 (berkategori tinggi karena berada pada interval 3,00-4,00). 3) Terdapat hubungan yang sangat tinggi antara aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan khitobah dengan rasa percaya diri mereka di kelas berdasarkan perhitungan analisis korelasi yang menunjukan harga koefisien korelasi sebesar 0,97. Adapun hasil analisis kadar pengaruh korelasi menunjukkan hasil 78%. Maka hal ini menggambarkan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan khiotobah mempengaruhi rasa percaya diri siswa di kelas sebesar 78% dan diperkirakan 22% dipengaruhi oleh faktor lain selain ekstrakurikuler keagamaan khitobah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Ekstrakurikuler; Khitobah; Rasa Percaya Diri
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Rhetoricand Collections of Literary > Rhetoric of Speech
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Azis
Date Deposited: 13 Jul 2020 00:58
Last Modified: 13 Jul 2020 01:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31807

Actions (login required)

View Item View Item