Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku seksual remaja: Studi penelitian pada siswa SMA Bina Persada Nusantara Kota Bandung

Hasanah, Ni'matun (2013) Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku seksual remaja: Studi penelitian pada siswa SMA Bina Persada Nusantara Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text (BAB V)
7_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari survey yang telah dilakukan oleh peneliti dengan melakukan kuesioner dan wawancara. Dan didapatkan adanya perilaku seksual yang tinggi pada remaja siswa SMA Bina Persada Nusantara Kota Bandung. Berdasarkan wawancara dan kuesioner, terdapat peran kontrol diri dalam perilaku seksual tersebut. Ketika mereka berperilaku, tidak terlepas dari adanya kontrol diri. Santrock (1998) mengatakan bahwa Kontrol diri mempunyai peranan penting dalam pembentukan perilaku remaja.Oleh karena itu dilakukanlah penelitian ini untuk memahami fenomena tersebut dan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap perilaku seksual remaja. Pengertian perilaku seksual adalah segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual, baik dengan lawan jenisnya maupun dengan sesama jenisnya.Bentuk-bentuk perilaku ini bermacam-macam, mulai dengan perasaan tertarik sampai tingkah laku, berkencan, bercumbu, dan senggama. Objek seksualnya bisa berupa orang lain, orang dalam khayalan atau diri sendiri.Sedangkan Kontrol diri adalah kontrol personal dimana adanya kontrol perilaku Kontrol kognitif, dan mengontrol keputusan. Untuk mengetahui pengaruh negatif kontrol diri terhadap perilaku seksual remaja, peneliti melakukan riset pada seluruh populasi siswa SMA Bina Persada Nusantara Kota Bandung yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode korelasi kausalitas. Alat ukur yang digunakan adalah Kontrol diri (18 item) dan perilaku seksual (14 item). Alat ukur ini berskala Likert, sehingga pengolahan datanya menggunkan Spearmen Rho. Dari tabel tabulasi silang didapatkan bahwa siswa yang memiliki kontrol diri tinggi berjumlah 28 siswa diantaranya sebanyak 22 siswa memiliki perilaku seksual tinggi dan sebanyak 6 siswa memiliki perilaku seksual rendah., sedangkan yang memiliki kontrol diri rendah sebanyak 7 siswa serta sebanyak 7 orang memiliki tingkat perilaku seksual tinggi dan yang memiliki tingkat perilaku seksual rendah tidak ada atau 0 (nol). Hasil uji Tabel anova menunjukkan F sebesar 0,117 dengan taraf signifikansi 0,735. R Square 0,004, nilai SEE=8,57, STD=8,46. Dan hasil uji statistik didapatkan thitung= 0,342 < ttabel= 1,70. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh, persamaan regresi yaitu Y ̂=31,159 + 0,059 X yang berarti bahwa setiap penambahan 1 kontrol diri maka perilaku seksual akan meningkat sebesar 0,059. Sehingga didapatkan bahwa kontrol diri tidak berpengaruh negatif terhadap perilaku seksual remaja di SMA Bina Persada Nusantara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kontrol diri; Perilaku Seksual; Remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2016 07:45
Last Modified: 02 Sep 2019 04:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item View Item