Pengaruh secure attachment terhadap asertivitas pada remaja dengan regulasi emosi sebagai variabel mediator: Studi pada siswa SMA X Kabupaten Bandung

Kirana, Ulfaria (2020) Pengaruh secure attachment terhadap asertivitas pada remaja dengan regulasi emosi sebagai variabel mediator: Studi pada siswa SMA X Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Perundungan yang sering terjadi pada masa remaja saat ini disebabkan karena ketidakmampuan remaja dalam bersikap asertivitas. Asertivitas sangat diperlukan bagi remaja untuk berinteraksi sosial dengan baik dan harmonis. Individu yang tidak mampu bersikap asertif akan mudah menerima pengaruh negatif. Hal ini juga dipengaruhi oleh secure attachment yang dimiliki individu, namun selain itu ada hal yang dapat membuat individu untuk menentukan baik buruknya tindakan yang dilakukan yaitu berkaitan dengan regulasi emosi yang dimiliki individu. Pada penelitian ini, peneliti menguji pengaruh secure attachment terhadap asertivitas pada remaja dengan regulasi emosi sebagai variabel mediator. Secure attachment yang terdiri dari aspek kepercayaan, komunikasi dan keterasingan dengan alat ukur IPPA dari Armsenden dan Greenberg; Asertivitas diukur dengan skala asertivitas dari teori Alberti dan Emmons; dan regulasi emosi terdiri dari aspek strategi regulasi emosi (strategies), keterlibatan tujuan dari tingkahlaku (goals), kontrol respon emosi (impulse), penerimaan respon emosional (acceptance) diukur dengan menggunakan skala regulasi emosi dari teori Gross dan Thompson. Data diperoleh dari 130 siswa-siswi SMA X Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil uji hipotesis regresi berganda menunjukan bahwa secure attachment berpengaruh positif terhadap asertivitas (R = .436. β = .436, p =.000), artinya individu yang memiliki secure attachment tinggi akan mempengaruhi tingginya asertivitas. Selain itu, secure attachment berpengaruh positif terhadap regulasi emosi (R = .774, β = .774, p =.000), individu yang memiliki secure attachment tinggi akan memiliki regulasi emosi yang tinggi dan regulasi emosi juga berpengaruh positif terhadap asertivitas (R = .464, β = .464, p =.000). Hasil uji efek mediasi menunjukan bahwa regulasi emosi dapat mempengaruhi secure attachment terhadap asertivitas dengan signifikan (β =.551).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: secure attachment; asertivitas; regulasi emosi;
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ulfaria Kirana
Date Deposited: 20 Jul 2020 06:26
Last Modified: 22 Jul 2020 01:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32010

Actions (login required)

View Item View Item