Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut dalam mengatasi limbah penyamakan kulit Di Kecamatan Sukaregang Kabupaten Garut

Gandara, Keny Kania (2019) Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut dalam mengatasi limbah penyamakan kulit Di Kecamatan Sukaregang Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (169kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (455kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Pertumbuhan perekonomian semakin meningkat dengan ditunjang kemajuan teknologi yang memadai Dinamika pembangunan nasional saat ini, disatu sisi membenkan kontribusi bagi peningkatan kualitas kesejahteraan hidup masyarakat, tetapi disisi lain jura menimbulkan kekhawatiran terhadap merosotnya kualitas lingkungan hidup, khususnya air secara permanen dalam jangka panjang Untuk menghindar permasalahan tersebut. Setiap daerah Kabupaten ataupun Kota harus membuat sebuah kebijakan untuk pengelolaan lingkungan agar terawat dan terjaga kebersihannya. Salah satu daerah di Jawa Barat yaitu Kabupaten Garut telah menerapkan kebijakan mengenai pengelolaan limbah penyamakan kulit. Di Kabupaten Garut masih ada daerah yang terdapat pencemaran limbah penyamakan lerutama kurangnya saran dan prasarana pengelolaan limbah, dalam hal inii diantaranya daerah kecamatan sukaregang. Tujuan dari penelitian ini adalal untuk mengetahui peran Pemerintah Kabupaten Garut dulam mengelola limbah penyamakan kulit di Kecamatan Sukaregang dan juga kendala yang dihadapi oleh Pernerintah Kabupaten Garut dalam mengelola limbah penyamakan kulit di Kecamatan Sukaregang Penelitian ini menggunakan teori Kebijakan Suharno (2010-31) yaitu tujuan kebijakan, sumber daya, lingkungan, sosialisasi, strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal ini dilakukan dalam rangka pengumpulan data primer dengan cara obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa studi pustaka dengan tema penelitian untuk mendukung data sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut masih belum terlaksana dengan haik karena masih ada beberapa hambatan yaitu pengusaha penyamak kulit kurang memprioritaskan pemberian sarana dan prasarana untuk pengelolaan limbah sehingga proses pengelolaan limbah tidak efektif dan kurangnya kesadaran pengusaha akan menjaga lingkungannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan; Limbah Penyamakan Kulit
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Keny Kania Gandara
Date Deposited: 22 Jul 2020 06:51
Last Modified: 22 Jul 2020 06:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32027

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item