Tindak pidana kekerasan oleh anak terhadap anak yang mengakibatkan kematian perspektif hukum pidana islam: Studi putusan nomor 27/pid.sus-anak/2015/pn.bdg

Jamilah, Asiyah (2017) Tindak pidana kekerasan oleh anak terhadap anak yang mengakibatkan kematian perspektif hukum pidana islam: Studi putusan nomor 27/pid.sus-anak/2015/pn.bdg. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Tindak pidana kekerasan merupakan suatu perbuatan yang tidak semestinya dilakukan oleh anak-anak, perbuatan tersebut mempunyai dampak negatif terhadap kehidupan anak-anak. Dalam upaya penegakkan hukum yang berlaku di Indonesia maka dalam menangani perkara ini Pengadilan Negeri Kelas 1A Bandung telah mengeluarkan putusan Nomor 27/Pid.Sus-Anak/2015/Pn.Bandung. Dalam hal ini yang menjadi bahan penulisan skripsi, penulis memfokuskan pada hasil putusan hakim. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa yang menjadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan Nomor 27/Pid.Sus-Anak/2015/Pn.Bandung dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap putusan tersebut. Teori yang digunakan adalah konsep jinayah berkaitan dengan larangan karena setiap perbuatan yang terangkum dalam fiqh jinayah merupakan perbuatan yang dilarang oleh syara. Suatu tindak pidana harus memiliki unsur-unsur sebagai berikut: (1) adanya nash (al-Rukn al-Syar’i) (2) adanya perbuatan (al-Rukn al-Maddi) (3) adanya pelaku kejahatan orang mukallaf(al-Rukn al-Adabi). Tindak pidana dalam fiqh jinayah terbagi menjadi tiga bagian, yaitu hudud, qishash-diyat, dan ta’zir. Dalam hal ini kekerasan terhadap anak termasuk ke dalam jarimah qishosh. Jenis dan sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) dan deskriptif analitik atau penelitian kepustakaan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif yaitu mengkaji undang-undang dan peraturan-peraturan. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang berupa berkas putusan dan sumber data sekunder yang berupa buku-buku penunjang. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwadalam Hukum Pidana Islam, tindak pidana kekerasan terhadap anak sebagaimana dirumuskan dalam Pasal 76 C jo Pasal 80 ayat (3) Undang-Undang No. 35 Tahun 2014, digolongkan kepada jarimah yang berkenaan dengan jiwa. Hal ini didasarkan didasarkan pada kesamaan unsur yaitu dilakukan dengan sengaja, adanya perbuatan yang ditujukan kepada orang lain dan mengakibatkan kematian korban. Dalam Hukum Pidana Islam putusan yang dijatuhkan hakim tidak sesuai dengan uqubah tindak pidana atas jiwa yakni qishos atau diyat dengan 100 ekor unta, tetapi tindakan yang dijatuhkan oleh hakim terhadap anak pelaku relevan dengan konsep Hukum Pidana Islam bahwa anak pada fase berpikir lemah hanya dapat dikenai sanksi yang bersifat pengajaran. Maka tindakan yang dijatuhkan hakim tersebut adalah ta’zir yang bukan semata-mata bertujuan sebagai pembalasan tetapi sebagai upaya pendidikan dan pembelajaran bagi pelaku (anak tersebut) agar menyesali perbuatannya serta kelak tidak mengulangi perbuatannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tindak pidana; kekerasan oleh anak; kematian; kriminal anak
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Criminal Law
Criminal Law > Juvenile Courts
Criminology > Child Abuse
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 22 Jul 2020 00:51
Last Modified: 22 Jul 2020 00:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32075

Actions (login required)

View Item View Item