Analisis kemampuan berpikir aljabar dalam matematika pada siswa SMP: Penilitian deskriptif-kualitatif di SMPN 17 dan SMPN 46 Kota Bandung

Khairiyyah, Ayuni (2017) Analisis kemampuan berpikir aljabar dalam matematika pada siswa SMP: Penilitian deskriptif-kualitatif di SMPN 17 dan SMPN 46 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa aljabar sebagai materi yang harus dikuasai siswa dan merupakan topik penting di berbagai negara maju. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir aljabar pada aspek generasional, transformasional, dan level-meta global kelas VIII SMPN 17 dan SMPN 46 Bandung. Metode penelitian yang digunakan deskriptif-kualitatif. Penelitian dilakukan dengan memberikan tes kemampuan berpikir aljabar, wawancara dan angket pada siswa kelas penelitian. Berdasarkan hasil tes, siswa dikelompokkan menjadi kelompok tingkat tinggi, sedang dan rendah. Masing-masing kelompok dipilih empat siswa dari tiap sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) siswa kelompok tingkat tinggi mempunyai kemampuan pada aspek generasional, transformasional dan level-meta global dengan kategori cukup sampai baik (2) siswa kelompok tingkat sedang mempunyai kemampuan pada aspek generasional dan transformasional dengan kategori cukup sampai baik dan aspek level-meta global dengan kategori cukup (3) siswa kelompok tingkat rendah mempunyai kemampuan pada aspek generasional dengan kategori kurang hingga cukup serta pada aspek transformasional dan level-meta global dengan kategori kurang. Faktor-faktor mempengaruhi kemampuan berpikir aljabar: (1) siswa kebingungan merepresentasikan soal yang berbentuk cerita (2) siswa tidak mengerti cara merubah bentuk kalimat matematika ke dalam simbol matematika (3) siswa belum bisa memfaktorisasikan bentuk aljabar (4) siswa sering terkecoh ketika mengoperasikan bentuk aljabar (5) siswa tidak pernah menganalisis perubahan, hubungan dan memprediksi masalah matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir aljabar; generasional; transformasional; level-meta global
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:16
Last Modified: 23 Jul 2020 07:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32126

Actions (login required)

View Item View Item