Peranan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif program PKH di Desa Bojong Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut

Auliah, Fadilah Nur (2017) Peranan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi deskriptif program PKH di Desa Bojong Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah setiap Negara pasti memiliki masalah masing – masing. Tidak terkecuali Negara Indonesia. Indonesia memiliki beberapa masalah, di antaranya adalah bidang social ekonomi khususnya adalah masalah kemiskinan. Karena itu pemerintah membuat kebijakan untuk mengatasi masalah kemiskinan ini. Dalam rangka penanggulangan kemiskinan, pemerintah meluncurkan program khusus yang di beri nama program keluarga harapan (PKH). Maka peneliti merasa tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang program keluarga harapan (PKH) dalam mensejahterakan masyarakat yang mengalami masalah kemiskinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui peran Program PKH di Desa Bojong melalui bidang kesehatan dan bidang pendidikan yang di tinjau dari kegiatan – kegiatan Program PKH dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Bojong sehingga menghasilkan kesehateraan bagi masyarakat desa Bojong yang menerima bantuan program keluarga harapan (PKH). Kerangka pemikiran yang di gunakan adalah teori Menurut Alfred J.Khan Kesejahteraan sosial terdiri dari program – program yang tersedia selain yang tercakup dalam kriteria pasar untuk menjamin suatu tindakan kebutuhan dasar seperti kesehatan, pendidikan kesejahteraan, dengan tujuan meningkatkan derajat kehidupan komunal dan berfungsinya individual, agar dapat mudah menggunakan pelayanan – pelayanan maupun lembaga – lembaga yang ada pada umunya serta membantu mereka yang mengalami kesulitan dan dalam pemenuhan kebutuhan mereka Sumarnonugroho (1987). Teori lain yang di gunakan adalah teori kesejahteraan dari Edi Suharto (2014) yang mengatakan Kesejahteraan sosial juga dapat di definisikan sebagai arena atau domain utama tempat berkiprahnya pekerja sosial.Sebagai contohnya kesehatan, kesehatan adalah arena tempat dokter berperan atau pendidikan adalah wilayah di mana guru – guru melaksanakan tugas – tugas propesinya. Kesejahteraan sosial sebagai sarana atau wahana juga alat untuk mencapai tujuan pembangunan. Jadi kaitannya antara teori dan penelitian yang di laksanakan oleh penelitiadalah program keluarga harapan (PKH) beran dalam mensejahterakan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data di lakukan melalui reduksi data, klarifikasi data, verifikasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan peranan program keluarga harapan (PKH) melalui bidang kesehatan dan bidang pendidikan mengalami peningkatan yang positif bagi masyarakatnya yang membawa kesejahteraan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah program keluarga harapan (PKH) ini sangat berperan terhadap peningkatan di bidang kesehatan dan bidang pendidikan masyarakat. Bukan hanya kebutuhan pokok saja yang terbantu tetapi tarap kehidupan masyarakatnya juga ikut terbantu dengan adanya bantuan langsung program keluarga harapan (PKH).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: program keluarga harapan; kesejahteraan masyarakat; program pemerintahan
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 24 Jul 2020 01:40
Last Modified: 24 Jul 2020 01:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32142

Actions (login required)

View Item View Item