Tanggapan siswa terhadap penggunaan Metode Survey Question Read Recited Review (SQ3R) hubungannya dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian terhadap siswa kelas XI SMAN 26 Bandung

Barri, Isep Rahmatul (2017) Tanggapan siswa terhadap penggunaan Metode Survey Question Read Recited Review (SQ3R) hubungannya dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian terhadap siswa kelas XI SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMAN 26 Bandung khususnya di kelas XI. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan diperoleh informasi bahwa adanya kesenjangan pada penerapan metode pembelajaran survey question read recited review. Pada proses pembelajaran di kelas, guru sudah menerapkan metode survey question read recited review sesuai dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Selain itu guru juga sudah berupaya dengan seoptimal mungkin untuk bisa meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI. Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran survey question read recited review berbeda-beda. Beberapa siswa memberikan respon yang baik, ditandai dengan banyaknya siswa yang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Namun, masih terdapat siswa yang kurang antusias, hal ini terlihat ketika masih ada siswa yang kurang percaya diri dalam membuat/mengajukan pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode survey question read recited review, keaktifan belajar siswa dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode survey question read recited review dengan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini berdasarkan pada kajian teoritis yang menyatakan bahwa metode survey question read recited review merupakan metode yang mengharuskan siswa untuk mengaktifkan pemikiran mereka dan meriview pemahaman mereka, sehingga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah apabila siswa menilai positif penggunaan metode pembelajaran survey question read recited review, maka keaktifan belajar mereka akan meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik dengan pendekatan analisis parsial dan korelasi melalui langkah-langkah uji normalitas dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran survey question read recited review termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,74. Keaktifan belajar mereka termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,85. Hubungan antara keduanya termasuk ke dalam kategori korelasi sedang dengan nilai sebesar 0,50. Hasil uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa bahwa t hitung 3,53 > t tabel 1,664 maka hipotesis alternatif (Ha) tersebut diterima. Uji pengaruh variabel X terhadap variabel Y memperoleh nilai sebesar 13%, artinya ada faktor lain sebesar 87% yang dapat mempengaruhi keaktifan belajar mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Survey Question Read Recited Review (SQ3R); Keaktifan Belajar; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:47
Last Modified: 29 Jul 2020 02:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32272

Actions (login required)

View Item View Item