Pengaruh Return On Equity (ROE), Return On Assets (ROA) dan Earning Per Share (EPS) terhadap perubahan harga saham: Studi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2015

Yusmana, Iyus (2017) Pengaruh Return On Equity (ROE), Return On Assets (ROA) dan Earning Per Share (EPS) terhadap perubahan harga saham: Studi pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Pada umumnya ketika berdiri suatu perusahaan adalah untuk menghasilkan laba yang sebesar- besarnya dengan modal yang seminimal mungkin. Hal ini sesuai dengan dengan sifat perusahaan yaitu profit oriented, akan tetapi hal itu tidak dapat mencapai sasaran memaksimumkan kemakmuran para pemegang saham atau pemilik. Kemakmuran para pemegang saham diperlihatkan dalam wujudnya yaitu tingginya harga saham, yang merupakan pencerminan dari keputusan- keputusan investasi, pendanaan, dan kebijakan deviden. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh masing-masing variabel Return On Equity dan Earning Per Share terhadap Perubahan Harga Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2015, dan mengetahui apakah Return On Equity dan Earning Per Share secara bersama-sama berpengaruh terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2015. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampling berjumlah 7 perusahaan dari 14 Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi dengan metode pendekatan data panel menggunakan eviews 9. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada alpha 0,05 (1) Return On Equity tidak berpengaruh terhadap perubahan Harga Saham ditunjukan dengan probabilitas sebesar 0,9439,(2) Return On Assets (ROA) berpengaruh terhadap perubahan Harga Saham ditunjukan dengan probabilitas sebesar 0,0052, (3) Earning Per Share berpengaruh terhadap perubahan Harga Saham ditunjukan dengan probabilitas sebesar 0,0273 (3) Return On Equity, Return On Assets dan Earning Per Share secara bersama-sama berpengaruh terhadap Harga Saham dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,001817 < 0,05 (5%) dan mempunyai kontribusi menjelaskan Harga Saham sebesar 55,77%, sedangkan sisanya 44,23% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti atau tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: return on equity (roe); return on assets (roa); earning per share (eps); harga saham
Subjects: General Management > Management of Investment, Capitalization
General Management > Management of Income and Expense
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 04 Aug 2020 07:08
Last Modified: 04 Aug 2020 07:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32357

Actions (login required)

View Item View Item