Efisiensi dan efektivitas anggaran belanja pada Badan Layanan Umum Daerah: Studi kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun Anggaran 2015-2018

Pratama, Yoga (2020) Efisiensi dan efektivitas anggaran belanja pada Badan Layanan Umum Daerah: Studi kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung Tahun Anggaran 2015-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy

Abstract

Efisiensi dan efektivitas menjadi sebuah kewajiban bagi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) karena dalam pelayanannya dituntut memberikan pelayanan yang optimal dan sebaik mungkin tanpa mencari keuntungan tertentu. Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Bandung yang berstatus sebagai BLUD diwajibkan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tentunya dalam menunjang pelayanan tersebut diperlukan pengelolaan anggaran secara efisien dan efektif agar dapat mengakomodir berbagai kebutuhan belanja program dan kegiatan rumah sakit. Permasalahan mengenai anggaran belanja tentu tidak dapat dihindari, rendahnya capaian realisasi anggaran belanja dalam memenuhi target realisasi anggaran mengartikan bahwa penggunaan anggaran dilaksanakan tidak secara efisien dan efektif. Maka analisis pengukuran efisiensi dan efektivitas sangat penting dilakukan agar dapat mengetahui indikasi penyebab rendahnya capaian realisasi belanja pada Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realisasi anggaran belanja Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka Kabupaten Bandung, teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu efisiensi dan efektivitas menurut (Mahmudi, 2019) penelitian dilakukan dengan mengukur rasio efisiensi dan efektivitas sebagai analisis dalam menilai anggaran belanja serta mengetahui faktor yang menyebabkan realisasi tersebut tidak tercapai dengan optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data hasil pengukuran dideskripsikan sesuai dengan data yang dikumpulkan pada saat melakukan observasi serta wawancara bersama narasumber pada bagian staff keuangan RSUD Cicalengka Kabupaten Bandung. Hasil analisis menunjukan bahwa efisiensi pada anggaran belanja Rumah sakit umum daerah cicalengka berada pada kategori cukup efisien dengan rata rata 83% dan analisis efektivitas menunjukan hasil pada kategori yang kurang efektif dengan rata rata 75.30% dikarenakan tidak optimalnya pemanfaatan dan perencanaan dalam optimalisasi anggaran serta kurangnya anggaran yang tersedia dalam memenuhi kebutuhan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi; Efektivitas; Anggaran; BLUD;
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Yoga Pratama Pratama
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:36
Last Modified: 10 Aug 2020 03:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32376

Actions (login required)

View Item View Item