Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja pegawai: Studi survei pada pegawai Kementerian Agama Kota Bandung

Bustomi, Ahmad (2020) Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap kinerja pegawai: Studi survei pada pegawai Kementerian Agama Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Kinerja yang rendah salah satunya disebabkan oleh ketidakhadiran, suatu pekerjaan akan sulit diselesaikan apabila pegawainya tidak hadir di kantor. Ketidakhadiran tersebut akan membebankan perusahaan karena dianggap tidak efektif. Tingkat kepatuhan pegawai terhadap peraturan kantor kementerian agama kota bandung salah satunya angka keterlambatan dan ketidakhadiran masih melebihi standar yang ditetapkan sehingga perlu adanya monitoring, evaluasi, dan pembinaan yang lebih ditingkatkan lagi. Dengan ketidakhadiran pegawai, maka akan adanya perilaku yang dilakukan oleh pegawai lain, misalnya membantu tugas rekan kerja yang tidak hadir dan hal tersebut termasuk kedalam Organizational Citizenship Behavior (OCB). Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) mengetahui Organizational Citizenship Behavior (OCB) di Kementerian Agama Kota Bandung 2) mengetahui Kinerja di Kementerian Agama Kota Bandung 3) mengetahui pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) terhadap Kinerja Pegawai Kementerian Agama Kota Bandung. Berbicara mengenai sumber daya manusia tidak lepas dari masalah kinerja, karena kinerja yang mereka lakukan sangat berpengaruh terhadap efektifitas kinerja organisasi. Seorang pegawai yang memiliki kinerja yang tinggi dapat menunjang tercapainya tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh organisasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi naik turun nya suatu kinerja yaitu Organizational Citizenship Behavior. Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan istilah bagi pegawai yang memberikan nilai tambah terhadap pekerjaan yang menjadi tugasnya maupun nilai tambah bagi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Survei. Metode Survei adalah penelitian yang dilakukan dengan menggunakan angket sebagai alat penelitian yang digunakan pada populasi besar ataupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian relatif, distribusi, dan hubungan antar variabel. Sampel penelitian ini sebanyak 99 orang dengan menggunakan metode randem sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi renier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa Organizational Citizenship Behavior Kementerian Agama Kota Bandung dikatakan baik dengan Altruism, Conscientiousness, Civic Virtue, Sportmanship, dan Courtesy. Kinerja Kementerian Agama Kota Bandung dengan adanya sikap Kemampuan Individual, Usaha yang dicurahkan, dan Dukungan yang dicurahkan, menunjukkan Kinerja pegawai baik. Dan hasil Regresi ditemukan bahwa Organizational Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Hal tersebut dibuktikan dalam Uji F yang memperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 57.992>3.94. kinerja pegawai Kementerian Agama Kota Bandung dipengaruhi oleh Organizational Citizenship Behavior (OCB) sebesar 37% dan sisanya sebesar 63% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Organizational Citizenship Behavior; Kinerja Pegawai
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Job Analysis
Athletic and Outdoor Sports > Organizations, Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahmad Bustomi
Date Deposited: 12 Aug 2020 00:47
Last Modified: 12 Aug 2020 00:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32436

Actions (login required)

View Item View Item